Comscore Tracker

Pasien COVID-19 Balikpapan Dipindah dari Embarkasi Haji ke Hotel

Pasien COVID-19 di asrama haji akan dipindahkan

Balikpapan, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menghentikan penempatan Embarkasi Haji Batakan sebagai lokasi isolasi mandiri pasien COVID-19. Asrama Embarkasi Haji Batakan akan dipergunakan untuk persiapan jemaah haji di tahun ini. 

“Akhir bulan ini asrama haji tidak lagi sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID,"  kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Senin (24/5/2021). 

Kota Balikpapan sedang mengevaluasi sejumlah hotel yang dijadikan lokasi isolasi mandiri pasien COVID-19. 

1. Hentikan pengiriman pasien ke asrama haji

Pasien COVID-19 Balikpapan Dipindah dari Embarkasi Haji ke HotelWali Kota Balikpapan RIzal Effendi. (IDN Times/Hilmansyah)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, Satgas sudah menghentikan pengiriman pasien COVID-19 sejak beberapa hari terakhir. Sejumlah pasien baru terpapar virus dikirimkan ke sejumlah wisma yang memang disewa pemerintah daerah guna penempatan pasien isolasi mandiri. 

“Kita sudah menghentikan tidak ada lagi yang masuk ke Embarkasi Haji beberapa hari ini,” ungkapnya. 

Di sisi lain, Pemkot Balikpapan sedang mempersiapkan hotel pengganti asrama Embarkasi Haji. 

Baca Juga: Balikpapan Optimis Belajar Langsung, Herd Immunity Tembus 85 Persen

2. Pasien di asrama haji akan dipindahkan

Pasien COVID-19 Balikpapan Dipindah dari Embarkasi Haji ke HotelKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty. (IDN Times/Hilmansyah)

Saat ini, katanya, masih terdapat sebanyak 34 pasien COVID-19 yang ada di Embarkasi Haji Batakan. Namun ada beberapa yang hampir selesai masa isolasi. 

“Tapi nanti, jika ada yang belum selesai isolasi pada saat habis masanya di asrama haji, maka kita akan pindahkan. Dan pemindahan atau evakuasinya, sudah barang tentu dengan protokol kesehatan,"  paparnya.

3. Asrama haji Balikpapan akan disetrilkan

Pasien COVID-19 Balikpapan Dipindah dari Embarkasi Haji ke HotelVaksinasi COVID-19 bagi lansia di Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Sebelum digunakan calon jemaah haji, maka asrama haji akan dilakukan sterilisasi oleh Satgas COVID-19 Balikpapan. 

“Proses sterilisasi Embarkasi akan dilakukan beberapa kali, termasuk AC, bahkan septic tank dan  semua ruangan yang digunakan pasien COVID-19," ungkapnya.

Balikpapan akan menetapkan hotel yang akan dijadikan tempat isolasi.

Baca Juga: Pelantikan Wali Kota Balikpapan Terpilih Menanti Perintah Mendagri

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya