Pelabuhan Semayang Balikpapan Berangkatkan 3 Ribu Penumpang 

Puncak arus mudik dengan KM Labobar

Balikpapan, IDN Times - Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) memberangkatkan KM Labobar milik PT Pelni tujuan Surabaya mengangkut 3.637 penumpang, Senin (17/4/2023). Itu merupakan puncak arus mudik lebaran Idul Fitri di Balikpapan memanfaatkan jasa transportasi laut. 

“Ini puncaknya, di mana tercatat sebanyak 3.637 penumpang yang naik kapal untuk mudik ke Surabaya,” ujar Kepala Cabang Pelni Balikpapan Amin Amrullah. 

1. KM Labobar masuk ke Balikpapan 5 kali

Pelabuhan Semayang Balikpapan Berangkatkan 3 Ribu Penumpang Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) memberangkatkan KM Labobar milik PT Pelni tujuan Surabaya mengangkut 3.637 penumpang, Senin (17/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Amin Amrullah mengatakan, pihak pelabuhan sudah menjadwalkan KM Labobar lima kali memberangkatkan penumpang dari Balikpapan. Tujuannya guna mengantisipasi lonjakan jumlah arus mudik lebaran ini pascapandemik COVID-19. 

"Biasanya Labobar itu masuk sebulan satu kali ke Balikpapan. Ini karena arus mudik, kami buat skenario Labobar masuk 5 kali," jelasnya.

"Jadi kita skenario kan supaya memecah kerumunan supaya tidak menumpuk di satu hari. Makanya kita bagi." 

Baca Juga: Penyeberangan PPU-Balikpapan Disiapkan 19 Kapal Feri Jelang Lebaran

2. Peningkatan penumpang hingga 40 persen

Pelabuhan Semayang Balikpapan Berangkatkan 3 Ribu Penumpang Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) memberangkatkan KM Labobar milik PT Pelni tujuan Surabaya mengangkut 3.637 penumpang, Senin (17/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Amin Amrullah menyebutkan, keberangkatan KM Labobar menjadi puncak arus mudik lebaran di Balikpapan. Asumsi ini sesuai tren penjualan tiket penumpang kapal di Balikpapan pada tahun 2023 ini. 

Peningkatan hingga 40 persen dari angka perhitungan jumlah penumpang kapal secara normal dengan peningkatan okupansi hingga 98,7 persen dari kapasitas. 

3. Pelni siapkan 3 kapal tambahan

Pelabuhan Semayang Balikpapan Berangkatkan 3 Ribu Penumpang Ilustrasi. Kemenhub bersama PT PELNI (Persero) mengadakan mudik motor gratis tahun ini. (Dok. PELNI)

Selain itu,  Pelabuhan Semayang Balikpapan pun sudah mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran masyarakat Kaltim. Dengan menyiapkan tiket tambahan sesuai dispensasi

“Kita tetap membuka loket untuk mengantisipasi antrean panjang, hingga menyiapkan Embarkasi dan debarkasi di kawasan dermaga,” ujarnya.

Pada 20 April akan tiba 3 kapal KM Labobar dan KM Umsini serta KM Bukit Siguntang masing-masing kapasitas penumpang 2.500 dan 3.800 penumpang. Kapal ini mengambil rute tujuan Surabaya dan Pare Pare. 

Baca Juga: Dinding Ruko di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan Runtuh Tiba-Tiba 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya