Penyeberangan PPU-Balikpapan Disiapkan 19 Kapal Feri Jelang Lebaran

Pelabuhan Penajam terapkan e-money

Penajam, IDN Times - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Balikpapan mengantisipasi lonjakan arus mudik Idul Fitri 2023. Terutama pelayanan penyeberangan penumpang feri rute Penajam Paser Utara-Balikpapan di Teluk Balikpapan.

Pihak ASDP Cabang Balikpapan pun menyiapkan 19 unit armada kapal feri dalam pelayanan penyeberangan Teluk Balikpapan. Pelabuhan penyeberangan rute PPU-Balikpapan biasanya ramai arus mudik selama datangnya lebaran Idul Fitri

“Empat unit kapal feri ASDP dan 15 kapal perusahaan swasta lain sehingga total ada 19 unit kapal feri antisipasi lonjakan pemudik," kata General Manager ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Balikpapan Sugeng Purwono melalui Supervisi Pelabuhan di Penajam Radmiadi, Kamis (13/4/2023). 

1. Berikan pelayanan maksimal ke pemudik

Penyeberangan PPU-Balikpapan Disiapkan 19 Kapal Feri Jelang LebaranSalah satu kapal ferry milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di pelabuhan Penajam disiapkan untuk layani pemudik (IDN Times/Ervan)

Radmiadi mengatakan, ASDP merupakan BUMN bergerak di bidang layanan jasa penyeberangan kapal feri pelabuhan penyeberangan. Tentu berupaya berikan pelayanan maksimal kepada masyarakat pengguna jasanya, termasuk saat musim mudik lebaran dan ketika balik lebaran.

“Salah satunya dengan mengoptimalkan ketersediaan jumlah kapal, di mana pada periode mudik tahun ini kami siapkan sebanyak 19 unit armada, semua kami nilai sudah laik laut memenuhi standar keselamatan pengangkutan penumpang dan kendaraan,” sebutnya.

Pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk angkutan lebaran tahun 2023. Dengan fasilitas pelabuhan di Penajam dan kapal yang laik laut.

“Fasilitas dua dermaga di pelabuhan untuk angkutan lebaran. Sedangkan sarana fasilitas publik seperti toilet yang bersih juga telah tersedia," paparnya. 

Baca Juga: Bantuan Logistik untuk Korban Angin Puting Beliung di PPU

2. Siapkan fasilitas dua dermaga di Penajam

Penyeberangan PPU-Balikpapan Disiapkan 19 Kapal Feri Jelang LebaranGM PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Balikpapan Sugeng Purwono cekan Ramp door dermaga Penajam antisipasi mudik lebaran tahun ini (IDN Times/Ervan)

Selain itu, Radmiadi pun mempersiapkan loket tambahan bagi kendaraan roda empat atau lebih menjadi dua unit. Demikian loket tambahan bagi kendaraan roda dua menjadi tiga unit. 

Tujuannya guna mengantisipasi antrean penumpang penyeberangan kapal feri PPU-Balikpapan selama arus mudik Idul Fitri.  Pihak Pelabuhan Penajam sudah menerapkan sistem pembelian tiket e-money dalam pembelian tiket penyeberangan. 

Pihaknya  sudah mengantisipasi dengan menambah petugas top up  atau petugas penyedia layanan untuk e-money di pelabuhan. Termasuk ada penambahan kapasitas kartu dan debit saldo, karena pasti akan sangat ramai pengguna jasa nanti.

3. Posko Terpadu ditempatkan di area Pelabuhan Penajam

Penyeberangan PPU-Balikpapan Disiapkan 19 Kapal Feri Jelang LebaranSupervisi Pelabuhan Penajam Radmiadi dampingi GM ASDP Balikpapan Sugeng Purwono pengecekan dermaga Penajam antisipasi mudik lebaran tahun ini (IDN Times/Ervan)

Pihak ASDP Cabang Balikpapan akan membentuk tim terpadu Operasi Ketupat Mahakam 2023 di mana diisi personel Polres PPU, Kodim, dan Pemkab PPU. Posko terpadu akan dibuka H minus 7 hingga H plus 7 lebaran Idul Fitri. 

“Di mana nanti ada layanan kesehatan dan petugas kepolisian, TNI, Pramuka serta unsur lainnya, juga disiapkan satu unit mobil ambulans," papar Radmiadi. 

Ia memprediksi, lonjakan arus mudik bisa terjadi pada H -3  di tanggal 8 April 2023 sedangkan arus balik pada H+3 hingga H+7 pasca lebaran. Bisa saja tahun ini jumlah pengguna angkutan penyeberangan feri di Penajam maupun Balikpapan akan meningkat.

Baca Juga: Dishub PPU Ramp Check Angkutan Umum Jelang Lebaran Idul Fitri

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya