Pelaku Pembobol Tas Dewi Perssik Diringkus Polisi di Balikpapan

Barang bukti senilai Rp100 juta

Balikpapan, IDN Times - Polresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil meringkus seorang pria yang diduga membobol tas milik Dewi Murya Agung atau akrab disapa Dewi Perssik. Pedangdut terkenal ini memang sempat mengeluhkan kehilangan sejumlah barang-barang berharga selama urusan pekerjaan di Balikpapan pada sepekan lalu. 

Tak tanggung-tanggung, polisi berhasil mengamankan barang bukti (BB) barang berharga senilai Rp100 juta. 

“Kerja sama antara Polresta Balikpapan, Ditreskrimum Polda Kaltim dan Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta, berhasil mengungkap pencurian koper milik asisten Dewi Perssik atas nama Rizki Sobari warga Bandung,” ujar Kasatreskrim Polresta Balikpapan Komisaris Polisi Rengga Puspo Saputro, Rabu (6/7/2022).

1. Polresta Balikpapan menerima laporan dari masyarakat

Pelaku Pembobol Tas Dewi Perssik Diringkus Polisi di BalikpapanPolresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil meringkus seorang pria yang diduga membobol tas milik Dewi Murya Agung atau akrab disapa Dewi Perssik, Rabu (6/7/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Rengga mengatakan, polisi secara resmi menerima laporan kehilangan dari asisten Dewi Perssik bernama Rizki Sobari pada saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Rombongan Dewi Perssik baru saja berangkat dari Bandara Sepinggan Balikpapan di mana sebelumnya menjadi penghibur dalam Rakornis Partai Golkar Balikpapan pada 17 Juni 2022.

Korban terkejut mendapati koper warna hijau miliknya berantakan saat dibongkar di rumah. Kotak perhiasan berwarna pink raib.

Berbekal laporan ini, Polresta Balikpapan pun langsung melakukan penyelidikan. Polisi lantas menangkap petugas porter salah satu maskapai penerbangan di Bandara Sepinggan Balikpapan inisial S (25) beralamat Jalan Letnan Jenderal S Parman Sumber Rejo Balikpapan Tengah. 

“Pekerjaannya sehari-hari sebagai porter salah satu maskapai di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan,” ucapnya.

Pelaku sendiri mengaku sendirian dalam menjalankan aksinya.

Baca Juga: Masalah Kependudukan, Pendatang Kalbar Tak Diterima di SMAN Balikpapan

2. Membuka koper korban saat di bagasi bandara

Pelaku Pembobol Tas Dewi Perssik Diringkus Polisi di Balikpapanindonesiaheadliners.blogspot.com

Rengga mengatakan, modus kejahatan pelaku dengan membongkar koper korban saat dalam proses bagasi penumpang pesawat. Pelaku membongkar koper penumpang ketika  masuk dalam pesawat. 

Ia membuka kunci koper secara acak. 

“Setelah terbuka pelaku mengacak-acak isi koper dan setelah menemukan kotak perhiasan, pelaku kembali menutup koper tersebut dan memasukkannya ke dalam pesawat,” ucapnya.

Personel Satuan Reskrim Polresta Balikpapan meringkus pelaku saat masih bekerja di Bandara Sepinggan Balikpapan pada Minggu 3 Juni 2022. Di rumahnya, polisi juga menyita BB kejahatan berupa 2 kalung rantai emas, 1 emas batangan 2 gram,1 koper warna hijau toska, 1 label bagasi, dan 1 buah kotak perhiasan.

3. Pelaku belajar dari seniornya

Pelaku Pembobol Tas Dewi Perssik Diringkus Polisi di BalikpapanPorter di Bandara Sepinggan Balikpapan inisial S yang diduga membongkar koper pedangdut Dewi Perssik. (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam keterangan pada jurnalis, pelaku mengakui segala perbuatannya beberapa kali membongkar koper milik penumpang pesawat di Bandara Sepinggan Balikpapan. Kali ini korbannya adalah artis kondang Dewi Perssik. 

“Saya belajar dari senior (rekan kerja yang lama,red) untuk membongkar koper ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan, praktik pembongkaran koper penumpang pesawat sudah lazim terjadi di masing-masing bandara, termasuk pula Bandara Sepinggan Balikpapan. Hanya saja, kali ini ia bernasib sial di mana aksinya berhasil diungkap polisi. 

“Banyak yang seperti saya, tapi mereka tidak tertangkap,” jelasnya. Rencananya hasil curian ini akan dibagi rata bersama teman-temanya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Pemkot Balikpapan Pastikan Bebas PMK pada Ternak

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya