Ratusan Nelayan Balikpapan Dikumpulkan untuk Disuntik Vaksin COVID-19

TPI Manggar kampung nelayan ketiga yang diberikan vaksin

Balikpapan, IDN Times - Pangkalan TNI AL Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar serbuan vaksin bagi ratusan nelayan dan warga pesisir di sekitar TPI Manggar Balikpapan Timur. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya percepatan program satu juta vaksin satu hari dalam rangka memperoleh herd imunity atau kekebalan komunal.

Kegiatan ini dipimpin langsung Komandan Pangkalan Angkatan Laut Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo dan dihadiri Wakil Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle, serta Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DP3) Balikpapan Heria Prisni.

“Serbuan vaksinasi ini sudah sejak 26 Juni yang lalu kami lakukan di beberapa lokasi terutama di daerah pesisir yang merupakan binaan dari Lanal Balikpapan,” kata Siswo Widodo di sela-sela kegiatan pemberian vaksin, Selasa (6/7/2021).

1. TPI Manggar kampung nelayan ketiga yang diberikan vaksin

Ratusan Nelayan Balikpapan Dikumpulkan untuk Disuntik Vaksin COVID-19Vaksinasi COVID-19 di Pangkalan TNI AL Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Siswo Widodo mengatakan, TNI Balikpapan sudan beberapa kali menggelar serbuan vaksin ke sejumlah masyarakat nelayan Balikpapan. Mereka sebelumnya melaksanakan vaksinasi dua kampung nelayan lain yakni di Desa Pantai Lango dan Jenebora Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Keduanya merupakan desa binaan Pangkalan TNI AL Balikpapan.

“Sebelum di TPI Manggar, kami sudah melaksanakan kegiatan ini di dua desa nelayan di Penajam Paser Utara,” ujarnya.

Dikatakan Siswo, pelaksanaan serbuan vaksinasi oleh TNI-Polri ini akan terus dilaksanakan sampai dengan akhir Juli mendatang

Baca Juga: Balikpapan Gelar Vaksinasi untuk Umum, Ini Alasan yang Pasti Ditolak

2. Laksanakan instruksi Presiden dan Kasal

Ratusan Nelayan Balikpapan Dikumpulkan untuk Disuntik Vaksin COVID-19Salah seorang keluarga nelayan di Balikpapan menerima suntikan vaksin. (IDN Times/Hilmansyah)

Siswo mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan seluruh pihak melakukan serbuan 1 juta dosis vaksin ke seluruh masyarakat Indonesia. Instruksi presiden ini pun ditindaklanjuti Kasal Laksamana Yudo Margono ke seluruh jajaran TNI AL. 

“Instruksi dari Kasal TNI Al agar Lanal Balikpapan melaksanakan vaksinasi sesuai dengan tupoksinya dan lebih ke arah masyarakat yang bermukim di sekitar pesisir,” jelasnya.

Untuk hari ini di TPI Manggar ada 200 dosis vaksin yang disiapkan untuk masyarakat, dengan rata-rata dalam sehari Lanal Balikpapan dapat 200-300 dosis vaksin untuk disalurkan.

“Sehari kami melaksanakan vaksinasi fluktuatif, melihat dosis vaksin yang diberikan ke Lanal,” paparnya.

Bagi warga nelayan belum terdaftar vaksinasi, Siswo meminta mereka mendaftarkan diri ke Pangkalan TNI AL Balikpapan. 

“Nanti jika akan dibuka lagi pemberian vaksin, maka kami akan diberi tahu kapan pelaksanaan vaksinasi selanjutnya,” tukasnya.

3. Warga nelayan sangat terbantu

Ratusan Nelayan Balikpapan Dikumpulkan untuk Disuntik Vaksin COVID-19Pemukiman Kampung Nelayan TPI Manggar Balikpapan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, salah seorang warga nelayan Wulan mengaku, sangat senang dengan adanya pemberian vaksin bagi warga nelayan dan pesisir.

“Kami sudah lama menantikan pemberian vaksin ini, dan Alhamdulillah hari sudah mendapatkan suntikan vaksin,” ujarnya.

Di sisi lain, menurut Wulan, pemberian vaksin dan bukti sertifikasi ini sangat penting karena saat ini salah satu persyaratan untuk perjalanan luar kota yang diberlakukan pemerintah selain swab PCR adalah sertifikasi bukti sudah pernah di vaksin minimal satu kali suntikan.

Proses vaksinasi diikuti video conference dengan Kasal terkait pelaksanaan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan hari ini dengan sasaran masyarakat nelayan.

Baca Juga: Iseng Sofa Dibakar, Api Hanguskan Lima Rumah Warga di Balikpapan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya