Comscore Tracker

Seorang Nenek Tua Nekat Bunuh Diri Loncat dari Jembatan Manggar

Kesal saat tak terima kiriman uang dari anak

Balikpapan, IDN Times - Warga sekitar Jembatan Manggar Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) dibuat heboh dengan aksi nekat seorang nenek mencoba bunuh diri terjun ke dalam sungai. Manula inisial NN (60) ini terjun dari ketinggian 10 meter tepat di tengah-tengah Jembatan Manggar Balikpapan. 

"Korban turun dari motor, saya minta naik kembali tidak dihiraukan, malah langsung naik ke pagar jembatan dan terjun ke sungai," kata saksi mata Saudah Iriani, Rabu (22/9/2021). 

1. Korban minta diantar ke tempat kerja

Seorang Nenek Tua Nekat Bunuh Diri Loncat dari Jembatan ManggarKehebohan warga Manggar menyaksikan aksi nekat nenek bunuh diri di Jembatan Manggar, Rabu (22/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Kejadiannya sendiri berawal saat warga Perum Batakan Mas RT 27 Blok EE No 1 Kelurahan Manggar ini meminta tolong pada Saudah untuk mengantarkannya ke Laundry Tanjung Kelor. Di tengah perjalanan, korban mampir ke mesin anjungan tunai mandiri (ATM) BNI di dekat PT SBM Manggar. 

Nenek ini mengaku hendak mengecek kiriman uang dari anaknya. 

"Namun ternyata belum ada," ujar  Saksi. 

Selepas itu, korban pun meminta diantarkan ke Pasar Manggar dengan alasan janjian dengan temannya. 

Baca Juga: Sadis, Ayah di Balikpapan Siram Air Mendidih ke Tubuh Anak Kandung

2. Loncat dari Jembatan Manggar

Seorang Nenek Tua Nekat Bunuh Diri Loncat dari Jembatan ManggarKehebohan warga Manggar menyaksikan aksi nekat nenek bunuh diri di Jembatan Manggar, Rabu (22/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Saudah mengatakan, sesampainya di Jembatan Manggar mendadak korban meminta turun dari atas sepeda motor. Padahal lokasi Pasar Manggar sendiri masih cukup jauh dari tempat tersebut. 

"Untuk ke pasar masih jauh bu haji," ujar Saudah, tetapi tidak dihiraukan korban.

Saat itulah korban memanjat tembok pembatas Jembatan Manggar dan langsung terjun ke sungai yang memiliki kedalaman hingga 5 meter. 

3. Korban berhasil ditolong nelayan yang melintas

Seorang Nenek Tua Nekat Bunuh Diri Loncat dari Jembatan ManggarKehebohan warga Manggar menyaksikan aksi nekat nenek bunuh diri di Jembatan Manggar, Rabu (22/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Melihat kejadian itu, Saudah langsung berteriak meminta pertolongan kepada warga sekitar dan beruntung ada nelayan yang melintas dan berhasil menyelamatkan korban.

"Saya berteriak meminta tolong ke warga, untung ada nelayan yang melintas di bawah jembatan dan korban berhasil diselamatkan," ujarnya.

Untung saja di saat bersamaan melintas nelayan yang langsung menaikkan korban yang sempat terapung-apung di sungai itu. Nelayan bernama Ali ini pun membawa korban ke Pelabuhan TPI Manggar. 

Nenek nekat ini dibawa ke Puskesmas Manggar untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Kondisinya sudah mulai membaik meskipun mengeluhkan pusing disebabkan gula darah tinggi. 

4. Mari bersama cegah perilaku bunuh diri

Seorang Nenek Tua Nekat Bunuh Diri Loncat dari Jembatan ManggarIlustrasi bunuh diri (Dok.IDN Times/Istimewa)

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diri || telp: (021) 9696 9293 || email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHT || message via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID) || direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesia || telp: (021) 500454

Baca Juga: Balikpapan dan Kukar Masih Laksanakan PPKM Level 4

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya