Siapkan Tenaga Kerja IKN, Balikpapan Gandeng BLK dan Kampus

Pemkot Balikpapan alokasikan dalam APBD Perubahan

Balikpapan, IDN Times - Pemkot Balikpapan akan menggandeng balai latihan kerja (BLK) dan kampus-kampus dalam mempersiapkan tenaga kerja lokal. Agar keberadaan tenaga kerja lokal dapat berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di masa mendatang. 

“Kita akan berkomunikasi untuk bisa memanfaatkan para pekerja-pekerja lokal yang bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan IKN," kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Rabu (8/5/2022).

1. Ratusan ribu tenaga kerja untuk membangun IKN Nusantara

Siapkan Tenaga Kerja IKN, Balikpapan Gandeng BLK dan KampusSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Belum lama ini, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor sempat menyebutkan kebutuhan tenaga kerja pembangunan IKN Nusantara yang diproyeksikan menyerap hingga 200 ribu hingga 250 ribu orang. 

Karenanya, Rahmad pun langsung bersiap-siap dengan menjalin koordinasi dengan Badan Otorita IKN. Soal kepastikan spesifikasi tenaga kerja apa saja yang dibutuhkan Badan Otorita IKN, sehingga Pemkot Balikpapan dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) setempat. 

Pemkot Balikpapan akan mempersiapkan SDM yang siap bekerja untuk proyek IKN. Namun demikian, Pemkot Balikpapan terlebih dahulu harus mendapatkan informasi tentang bidang apa saja yang dibutuhkan.

Baca Juga: Pertamina dan Warga Balikpapan Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan

2. Pemkot Balikpapan berkoordinasi dengan kampus-kampus

Siapkan Tenaga Kerja IKN, Balikpapan Gandeng BLK dan KampusIDN Times/Surya Aditya

Pemkot Balikpapan juga akan berkoordinasi dengan sejumlah kampus yang ada di Kota Balikpapan untuk menyiapkan tenaga kerja. Seperti menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) maupun Politeknik Balikpapan, dan kampus lain. 

“Kita akan persiapkan tenaga kerja lokalnya yang bekerja sama dengan BLK, selain itu kita juga sudah punya ITK, kita punya Poltekba,” ujarnya.

Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja Otorita IKN. 

“Bidang kerja apa saja yang dibutuhkan dalam pembangunan IKN harus tahu dulu, baru setelah itu, Kita akan mempersiapkan anak-anak kita. Tapi secara akurat juga kita akan minta data, artinya benar gak,” jelasnya.

3. Pemkot Balikpapan akan gelontorkan anggaran

Siapkan Tenaga Kerja IKN, Balikpapan Gandeng BLK dan KampusIDN Times/Galih Persiana

Rahmad menambahkan, Pemkot Balikpapan juga berencana akan mengalokasikan anggaran untuk pemberian pelatihan tersebut kepada warganya. Agar ke depannya, mereka bisa siap menjadi tenaga kerja lokal dan terlibat dalam pembangunan IKN tersebut.

“Sudah ada perencanaan, mudah-mudahan di APBD Perubahan ini. Di mana anggaran bisa kita titipkan di BLK Provinsi untuk anak-anak kita untuk akomodasi dan konsumsinya,” ucapnya.

Menurut Rahmad, masyarakat Balikpapan harus terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara. Jangan sampai menjadi penonton di rumah sendiri. 

“Kita menjembatani anak-anak kita, jangan sampai putra Kaltim dalam IKN menjadi penonton di rumahnya sendiri. PPU juga, Kukar juga, termasuk Balikpapan segitiga emas penunjang pembangunan IKN ini betul-betul dimanfaatkan,” ungkapnya.

Rahmad juga berharap perusahaan maupun kontraktor lokal juga dilibatkan untuk proyek pembangunan yang menyedot anggaran hingga ratusan triliun itu.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Data Pegawai, Menyusul Penghapusan Tenaga Honorer

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya