Ternyata Mahfud MD Sempat Ragu dengan Pembangunan IKN Nusantara

Terjawab setelah kunjungi langsung IKN

Balikpapan, IDN Times - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD meninjau pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim). Turut dalam rombongan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agaria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. 

Dalam tinjauan itu akhirnya terungkap, Mahfud MD pun ternyata sempat ragu dengan progres pembangunan IKN ini. 

“Sebenarnya sampai dengan pagi tadi, saya termasuk orang yang agak ragu, ini pembangunan ini jalan atau nda? Tapi hari ini saya sampai di sini beberapa bagian sudah 8 persen dan ada 12 persen. Saya merasa takjub dan gembira ini adalah kota masa depan," katanya kepada media massa di sela-sela kunjungan, Kamis (13/4/2023).

1. IKN Nusantara akan menjadi kota terbaik

Ternyata Mahfud MD Sempat Ragu dengan Pembangunan IKN NusantaraMenteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD meninjau pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Kamis (13/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Mahfud mengaku optimis Kota Nusantara akan menjadi salah satu kota terbaik di dunia dan bukan hanya Indonesia. Tentunya setelah seluruh pembangunan IKN berhasil diselesaikan pemerintah. 

“Saya percaya ini akan terwujud dengan profesionalitas dan kedisiplinan Kementerian PUPR di bawah kepemimpinan Pak Basuki, termasuk profesionalisme Kepala OIKN Nusantara, termasuk pihak-pihak lainnya yang terlibat,” tegasnya.

Ia pun sudah tidak sabar bisa menyaksikan pembangunan Kota Nusantara bisa diselesaikan. Meskipun dalam pembangunan ada sejumlah tahapan yang harus dilalui. “Dengan hanya 8-12 persen aja sudah terlihat keindahannya, apalagi kalau sudah 50 persen sudah terlihat kaya kota beneran," paparnya. 

Baca Juga: Kejari PPU Selidiki Mafia Tanah di Lokasi Eks Perusahaan Sawit 

2. IKN akan dibangun rumah-rumah ibadah

Ternyata Mahfud MD Sempat Ragu dengan Pembangunan IKN NusantaraMenteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD meninjau pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Kamis (13/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Lebih lanjut, Mahfud mengharapkan, Kota Nusantara bisa memberikan keindahan dan kenyamanan fisik bagi penghuni masyarakat IKN. Dengan tidak melupakan unsur pemantapan spiritual dan religius. 

“Di sini ada berbagai bangunan indah untuk unit pemerintahan, dan ada area rumah-rumah ibadah dari semua penganut agama di Indonesia seperti masjid, pura, wihara, gereja dan klenteng,” jelasnya.

Selain itu juga akan ada lapangan yang sangat indah, katanya, yakni poros kebangsaan.

3. Seribu bilah sayap garuda sudah rampung dibuat

Ternyata Mahfud MD Sempat Ragu dengan Pembangunan IKN Nusantaraperingatan Nuzulul Quran di mana Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar akan memberikan tausiah di Kaltim, Kamis (13/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, progres pembangunan Istana Kepresidenan sudah mencapai 9 persen. Bahkan pembuatan bilah sayap garuda Istana Presiden sudah siap sebanyak 1.000 dari total rencana 5 ribu bilah. 

"Dalam waktu dekat akan dipasang,” ujarnya.

Kunjungan Mahfud MD dan Basuki Hadimuljono ini untuk memantau progres pembangunan Kota Nusantara. Selain itu, rombongan menteri ini juga berkaitan dengan  peringatan Nuzulul Quran di mana Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar akan memberikan tausiah di Balikpapan Kaltim. 

Baca Juga: Penyeberangan PPU-Balikpapan Disiapkan 19 Kapal Feri Jelang Lebaran

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya