Vaksinasi Merdeka di Balikpapan Malah Pancing Kerumunan

1000 dosis di Pondok Pesantren Syaichona Cholil

Balikpapan, IDN Times - Kerumunan warga malah terjadi saat pelaksanaan penyuntikan Vaksin Merdeka kerja sama Polri-Staf Khusus Presiden RI di Masjid Agung At Taqwa Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (6/9/2021). 

“Tempatnya tidak terlalu luas, jadi ada kepadatan karena antusias masyarakat yang begitu tinggi,” ujar Waka Polda Kaltim Brigadir Jenderal Pol Hariyanto ditemui saat kunjungannya ke lokasi pemberian vaksin. 

1. Sebanyak 2000 dosis vaksin yang siapkan

Vaksinasi Merdeka di Balikpapan Malah Pancing KerumunanWaka Polda Kalimantan Timur Brigadir Jenderal Pol Hariyanto dalam proses vaksinasi di Balikpapan, Senin (6/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Hariyanto meninjau langsung pemberian vaksinasi didampingi Waka Polresta Balikpapan Ajun Komisaris Besar Pol Sepbril Sesa. Sebanyak 2 ribu dosis Vaksis Merdeka telah dipersiapkan bagi masyarakat tinggal sekitar Masjid Agung At Taqwa, Mako Sat Brimob Polda Kaltim, dan pelajar. 

Mereka yang memperoleh suntikan vaksinasi adalah kelompok warga yang sudah mendaftar ke link aplikasi disiapkan Pemkot Balikpapan. 

Baca Juga: Kisah Seniman Balikpapan Abadikan Mendiang Istri dalam Karya Mural

2. Akan dilakukan evaluasi pelaksanaan

Vaksinasi Merdeka di Balikpapan Malah Pancing KerumunanVaksinasi COVID-19 di Masjid Agung At Taqwa Balikpapan Kaltim, Senin (6/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Tetapi dengan adanya kerumunan massa, Hariyanto mengaku akan melakukan evaluasi tentang pelaksanaan vaksinasi ini. Pihak akan berupaya menyederhanakan proses pendaftaran agar antrian warga tidak terulang lagi.  

“Nanti kita akan evaluasi, masyarakat yang sudah didaftar harus kita input ulu datanya, supaya datang tinggal datanya dimasukkan ke komputer dan bisa divaksin, jadi tidak menunggu lama antre dan mengisi isi formulir terlebih dahulu lagi,” tegasnya.

Dalam pelaksananaan ini, vaksin yang diberikan adalah Sinovac dengan vaksinator dari Bidokes Polda Kaltim 15 orang, TNI 10 orang dan Dinkes 20 orang sehingga total vaksinatornya sebanyak 45 orang.

3. Vaksinasi 1000 dosis dilanjutkan ke Pondok Pesantren Syaichona Cholil

Vaksinasi Merdeka di Balikpapan Malah Pancing KerumunanVaksinasi COVID-19 di Masjid Agung At Taqwa Balikpapan Kaltim, Senin (6/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Polda Kaltim rencananya akan melanjutkan vaksinasi COVID-19 ke Pondok Pesantren Syaichona Cholil Balikpapan Jalan Mulawarman Gang Arjuna No 59 Kelurahan Sepinggan Balikpapan, Selasa (7/9/2021).

Untuk warga di sekitar pondok pesantren sudah disiapkan seribus dosis vaksin. 

“Besok kita juga akan melaksanakan vaksinasi yang sama, di Ponpes Syaichona Cholil, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan dengan dosis yang disiapkan 1000 dosis vaksin,” tutupnya.

Baca Juga: Gubernur Kaltim Melepaskan Jenazah Awang Ferdian Hidayat

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya