Cegah COVID-19, Ratusan Warga Balikpapan Ikut Tes Swab Massal Gratis 

Warga merasa terbantu bisa ikut tes swab 

Balikpapan, IDN Times - Ratusan warga Kota Balikpapan mengikuti kegiatan swab massal yang digelar BNI Balikpapan di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Sabtu (25/7/2020).  Hujan yang turun sejak pagi, tidak menyurutkan antusiasme warga untuk mengikuti kegiatan swab massal ini.

Head of Operation BNI Banjarmasin Mahrauza Purnaditya mengatakan Kota Balikpapan menjadi kabupaten/kota pertama di wilayah Kalimantan yang masuk dalam program swab massal yang digagas oleh BNI.

"Pada pelaksanaan swab test massal ini BNI menyiapkan sekitar 500 alat tes untuk di Balikpapan, dari 2500 swab test untuk wilayah Kalimantan," kata Mahrauza Purnaditya dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tes swab massal.

1. Secara nasional siapkan 30 ribu swab test

Cegah COVID-19, Ratusan Warga Balikpapan Ikut Tes Swab Massal Gratis IDN Times/Haikal

Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh BNI dalam membantu program percepatan penanganan virus corona, yang juga merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan HUT BNI ke-74.

"Ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan BNI Berbagi, secara nasional kita menyiapkan  30 ribu swab test dan juga rangkaian dari kegiatan HUT BNI 74 tahun yang jatuh pada 5 Juli 2020 lalu," terangnya.

Baca Juga: Bertambah Lagi, ASN Positif COVID-19 di Kaltim yang Meninggal Dunia 

2. Ratusan pegawai Pemerintah Kota Balikpapan ikut pemeriksaan swab

Cegah COVID-19, Ratusan Warga Balikpapan Ikut Tes Swab Massal Gratis Kegiatan tes swab massal di Balikpapan yang diikuti ratusan warga, 25 Juli 2020 ( IDN Times/Haikal)

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang hadir memantau kegiatan ini mengapresiasi kepedulian BNI untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Sebanyak 500 jatah alat swab  yang disediakan oleh BNI dipergunakan untuk melakukan pemeriksaan kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan sebanyak 200 orang dan 300 dari unsur masyarakat.

"Saya sampaikan terima kepada BNI, Ini penting karena sasarannya juga petugas kita," ucapnya.

3. Warga merasa terbantu ikut tes swab gratis karena biaya tes yang mahal

Cegah COVID-19, Ratusan Warga Balikpapan Ikut Tes Swab Massal Gratis IDN Times/Haikal

Ia menyampaikan bahwa kesempatan pemeriksaan seperti ini, warga tidak perlu takut. "Ini adalah salah satu untuk mengetahui penyebaran virus corona," ungkap Rizal.

Sementara itu, salah seorang warga, Roni mengaku senang dengan adanya kegiatan ini, karena dapat meringankan biaya bagi masyarakat. "Saya senang dengan adanya swab test massal ini, karena gratis," ujar Roni yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Hentikan Subsidi bagi Pelanggan PDAM

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya