Comscore Tracker

Jurnalis Balikpapan Terima Bantuan APD dari Pupuk Kaltim

Profesi jurnalis rawan terpapar virus corona

Balikpapan, IDN Times - Jurnalis merupakan salah satu pekerjaan yang rentan tertular virus corona atau COVID-19. Produsen pupuk nasional, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) pun memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tiga organisasi profesi wartawan di Balikpapan.

Ketiga organisasi yang menerima bantuan tersebut yakni Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). 

“Tolong bantuan ini jangan dilihat nilainya. Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap keselamatan rekan-rekan,” kata Manager Perwakilan PKT Balikpapan  Yohanes Arief Hariyanto ketika menyerahkan bantuan APD kepada perwakilan organisasi wartawan di kantornya, Senin (27/4).

1. Peran jurnalis dalam mengedukasi masyarakat

Jurnalis Balikpapan Terima Bantuan APD dari Pupuk KaltimIlustrasi kerja jurnalistik. IDN Times/Arief Rahmat

Menurut Yohanes, selama masa pandemik virus corona ini wartawan menjadi salah satu pihak yang berperan penting dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Dari berita yang disampaikan bisa meminimalkan informasi yang simpang siur atau hoaks,” ujarnya.

Karena berada di garis depan dalam menyampaikan informasi, wartawan juga rentan terhadap penularan wabah itu. “Makanya harus dilengkapi APD,” kata Yohanes.

Baca Juga: Hasil Lab Belum Keluar, PDP COVID-19 di Balikpapan  Meninggal Dunia  

2. APD buatan mitra usaha PKT

Jurnalis Balikpapan Terima Bantuan APD dari Pupuk KaltimSeorang penjahit di Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun sedang menjahit masker kain. Dok.IDN Times/Istimewa

Adapun bantuan yang diberikan kepada jurnalis ini berupa masker kain, hand sanitizer, vitamin dan minuman bervitamin. 

Ia menjelaskan khusus masker kain dan hand sanitizer yang dibagikan merupakan hasil kerajinan dari usaha mandiri binaan dari PT PKT.

“Ada beberapa produk yang merupakan hasil buatan dari mitra usaha binaan program CSR PT PKT seperti masker yang dibagikan tadi,” terangnya.

3. Jurnalis merasa terbantu

Jurnalis Balikpapan Terima Bantuan APD dari Pupuk KaltimIDN Times / istimewa

Debi Aditya, yang mewakili PWI Kota Balikpapan mengatakan sangat mengapresiasi bantuan yang diserahkan oleh PT PKT. Bantuan yang diberikan sangat membantu para jurnalis melindungi diri ketika melakukan peliputan selama masa wabah COVID-19.

“Kami mengapresiasi kepedulian berbagai pihak yang peduli terhadap keselamatan pekerja media yang selama ini berhubungan dengan pihak-pihak yang rentan terpapar,” katanya.

Baca Juga: Aktivitas Longsor Bawah Laut, Teluk Balikpapan Rentan Dihantam Tsunami

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya