Ribuan Guru Balikpapan Akan Rapid Test Sebelum Tahun Ajaran Baru

Persiapan new normal di sekolah

Balikpapan, IDN Times - Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 sekolah pada Juli mendatang, Pemerintah Kota Balikpapan akan menerapkan skema new normal atau normal baru pada sektor pendidikan. Salah satunya implementasi kebijakan itu adalah mewajibkan guru mengikuti rapid test sebelum mulai mengajar. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio mengatakan pelaksanaan rapid test khusus kepada guru ini akan dilaksanakan sepekan sebelum dimulai jadwal pembukaan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Untuk guru, kami akan lakukan rapid test seminggu sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar, karena kalau diambil sekarang hasilnya negatif semua," kata Dio di Kantor Wali Kota Balikpapan, Jumat (30/5).

1. Rapid test seminggu sebelum jadwal sekolah

Ribuan Guru Balikpapan Akan Rapid Test Sebelum Tahun Ajaran BaruKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty (IDN Times/Hilmansyah)

Menurutnya, pihaknya menjadwalkan rencana pelaksanaan rapid test guru seminggu sebelum jadwal pembukaan sekolah, untuk menyesuaikan masa inkubasi, sehingga hasil pelaksanaan rapid test dalam lebih maksimal.

"Masa inkubasi itu satu minggu, jadi kita buka untuk guru itu satu minggu sebelum pelaksanaan sekolah dimulai, jadi bisa ketahuan," terangnya.

Baca Juga: Wali Kota Rizal: Siapkan New Normal, Balikpapan Berusaha Turunkan R0 

2. Rapid test guru melibatkan puskesmas

Ribuan Guru Balikpapan Akan Rapid Test Sebelum Tahun Ajaran Baru(Ilustrasi aktivitas di sekolah) IDN Times/Feny Maulia Agustin

Dalam pelaksanaan rapid test massal kepada seluruh guru di Kota Balikpapan, pihaknya akan melibatkan seluruh puskesmas yang ada di tiap kelurahan, serta kelurahan dan RT setempat untuk memudahkan dalam pelaksanaan pengawasan ketika ada ditemukan guru yang reaktif saat rapid test.

Selain itu, untuk menjamin ketersediaan alat rapid test, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan berencana akan mengadakan kembali pengadaan alat rapid test sekitar 4.000 unit guna mendukung kebijakan rapid test massal di Kota Balikpapan.

Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, jumlah guru untuk tingkat SMP sederajat tercatat mencapai 1.000 orang lebih yang terbagi di 76 SMP negeri dan swasta, sedangkan untuk guru di tingkat SD sederajat mencapai 2.200 orang lebih yang terbagi di 186 sekolah dasar negeri dan swasta.

3. Pemkot fokus pada perbaikan ekonomi

Ribuan Guru Balikpapan Akan Rapid Test Sebelum Tahun Ajaran BaruWali Kota Balikpapan Rizal Effendi (IDN Times/Maulana)

Sementara itu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, pihaknya akan memfokuskan sejumlah penyusunan rencana kerja pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi dan sosial akibat wabah virus corona.

“Saya sudah sampaikan dalam rapat bersama OPD, kita akan fokuskan pelaksanaan RPJMD tahun 2021 untuk recovery ekonomi akibat wabah COVID-19,” katanya ketika diwawancarai wartawan, Jumat (29/5).

Menurut Rizal, pihaknya sudah tidak lagi mengejar target pemenuhan pelaksanaan RPJMD tahun 2016-2021, karena sejumlah program yang sudah direncanakan akan dialihkan pelaksanaannya pada kegiatan untuk pemulihan ekonomi dan sosial.

Selain itu, sejumlah anggaran yang sudah dianggarkan sebelumnya juga telah dikenakan kebijakan refocusing anggaran untuk membiayai kegiatan percepatan penanganan Covid-19.

“Kita sudah bahas, kita tidak lagi ngotot untuk pencapaian pelaksanaan RPJMD pada tahun 2021, karena tahun depan sesuai dengan arahan dari pusat kita akan fokuskan sejumlah kegiatan untuk menangani upaya recovery ekonomi, jadi mungkin pelaksanaan RPJMD hanya sampai tahun 2020 ini saja, karena memang tahun 2021 tidak akan maksimal,” jelasnya.

 

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Siapkan Perwali Terkait New Normal  

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya