Tambah Lagi, Total Positif Virus Corona di Balikpapan Genap 20 Orang

Satu kasus diduga berasal dari transmisi lokal

Balikpapan, IDN Times - Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif virus corona atau COVID-19 di Balikpapan kembali bertambah 2 orang. Dengan demikian total kasus positif virus corona di Kota Beriman genap 20 kasus

"Kami sampaikan pasien pasien positif di Balikpapan kembali bertambah dua orang," kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam keterangan persnya di Balai Kota Balikpapan pada Kamis (16/4).

1. Dugaan penyebaran virus corona dari orang ke orang atau transmisi lokal kembali terjadi di Balikpapan

Tambah Lagi, Total Positif Virus Corona di Balikpapan Genap 20 Orang(IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, kedua pasien telah terkonfirmasi positif virus corona ini diketahui setelah Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Balikpapan menerima hasil sampel swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) di Surabaya, Jawa Timur hari ini.

"Informasi yang kami terima ada sembilan orang yang terkonfirmasi positif, dua di antaranya ada di Balikpapan," ujarnya.

Lebih lanjut di menerangkan, kedua pasien tersebut pria dan wanita. Yang satu, perempuan berusia 47 tahun. Pasien tersebut merupakan hasil pengembangan dari penelusuran klaster Tasikmalaya, yang dilaporkan terpapar virus corona setelah menghadiri undangan pernikahan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dugaan sementara telah terjadi transmisi lokal.

2. Satu pasien positif terpapar karena sering bolak-balik Singapura untuk berobat

Tambah Lagi, Total Positif Virus Corona di Balikpapan Genap 20 Orang(IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara pasien lainnya, kata dia, merupakan laki-laki berusia 74 tahun. Pasien terkonfirmasi terpapar virus corona setelah bepergian ke Singapura. Pasien dilaporkan sering ke Singapura untuk berobat karena menderita komplikasi penyakit. Dengan demikian total kasus di Balikpapan ada 20 orang terjangkit virus corona. Dari jumlah itu, ada empat orang dinyatakan sembuh alias bebas dari COVID-19 dan seorang lainnya meninggal dua.

"Jadi tersisa 15 pasien jalani isolasi," ucapnya.

3. Kasus PDP bertambah sementara ODP berkurang signifikan

Tambah Lagi, Total Positif Virus Corona di Balikpapan Genap 20 Orangfreepik.com

Sementara itu untuk jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) ada penambahan mengalami penambahan 6 orang. Total pasien PDP di Balikpapan saat ini menjadi 42 orang, sebelumnya ada 36 kasus.

"Sedangkan untuk Orang dalam Pemantauan (ODP) mengalami penurunan 36 kasus dari jumlah sebelumnya 580 ODP, kini totalnya ada 544, orang dalam pemantauan," tutupnya. 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya