Wali Kota Balikpapan Soal Harga Tes Swab Rp900 Ribu: Belum Semua Mampu

Pertimbangkan rencana beri subsidi

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan masih mempertimbangkan rencana untuk memberikan subsidi bagi warga yang melaksanakan swab test mandiri.

Hal itu merupakan salah satu upaya pemerintah membantu kesulitan warga di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Meski pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan sudah menurunkan biaya swab menjadi Rp900 ribu sebagai harga maksimal.

“Kami berterimakasih kepada pemerintah yang sudah menurunkan biaya swab. Pasti ada hitungan yang sudah dibuat sampai keluar angka segitu," kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Gugus Tugas COVID-19 kepada wartawan di kantornya, Rabu (7/10).

 

 

1. Tarif swab test tidak terjangkau

Wali Kota Balikpapan Soal Harga Tes Swab Rp900 Ribu: Belum Semua MampuIlustrasi uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ia mengatakan pihaknya menyambut baik keputusan pemerintah yang menetapkan harga maksimal tes swab sebesar Rp900 ribu dari sebelumnya di atas Rp2 juta. Namun harga terbaru itu dinilai sejumlah pihak masih terlalu tinggi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah yang ingin mengikuti tes swab secara mandiri.

"Tapi saya tahu yang jelas belum semua mampu bayar dengan angka segitu,” ujarnya.

 

Baca Juga: IDI Layangkan Surat Permohonan Pencabutan Permenkes 24/2020

2. Rencana subsidi masih dikaji

Wali Kota Balikpapan Soal Harga Tes Swab Rp900 Ribu: Belum Semua Mampupixabay.com/geralt

Adapun mengenai usulan agar ada subsidi biaya swab dari pemerintah setempat, lanjut Rizal, pihaknya masih harus mempertimbangkan hal tersebut. Sebab anggaran untuk penanggulangan dalam COVID-19 sudah disahkan di APBD perubahan 2020 sebelum adanya kebijakan pemerintah menurunkan biaya swab.

Sehingga saat ini, belum ada pembahasan rencana memberikan subsidi biaya swab bagi masyarakat karena harganya masih tinggi.

“Memang ada daerah lain saya dengar yang memberikan subsidi terhadap biaya swab mandiri menjadi Rp200 ribu. Kalau kita belum ada rencana mensubsidi tes swab bagi masyarakat. Kita lihat dulu kemampuan anggarannya,” tuturnya.

 

3. Agar swab test dapat dilakukan semua golongan

Wali Kota Balikpapan Soal Harga Tes Swab Rp900 Ribu: Belum Semua MampuIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menurut Rizal pihaknya bisa memahami pentingnya tes swab untuk memastikan seseorang terpapar ataupun bebas dari virus corona. 

Namun hal itu tetap saja harus melalui mekanisme pembahasan bersama pihak DPRD dan menyesuaikan ketersediaan anggaran di daerah. Mengingat cukup banyak anggaran yang direfocusing untuk menangani dampak dari COVID-19 mulai dari dampak fisik hingga sosial.

“COVID-19 memang tidak mengenal golongan ekonomi. Maka nanti kita carikan solusi agar kelompok menengah ke bawah bisa juga tes swab yang ramah di kantong. Sehingga mereka yang kemampuan ekonominya lemah, diharapkan tetap dapat melakukan tes swab ini,” tambahnya.

 

Baca Juga: Kantor Polairud Polda Kaltim Terbakar, Belasan Tahanan Dievakuasi

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya