Balikpapan Banjir, Kawasan Beller Terendam 1,5 Meter

Jadi kawasan langganan banjir di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Hujan yang mengguyur Kota Balikpapan pada sejak Senin pukul 02.00 WITA dini hari hingga siang hari, membuat beberapa jalan utama tergenang seperti di Jalan MT. Haryono. 

Hujan ini juga membuat 2 RT di Jalan Beller, yang sekarang telah berganti nama menjadi Jalan Mayor Pol. Zainal Arifin, terendam banjir hingga setinggi 1,5 meter. Banjir yang terjadi ini merendam RT 31 dan 32 Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan.

"Kawasan Beller jadi tempat penampungan air dari berbagi kawasan terutama dari kawasan Balikpapan Utara," jelas Lurah Damai, Herlis Ahsan di lokasi banjir

1. Ratusan rumah terendam banjir

Balikpapan Banjir, Kawasan Beller Terendam 1,5 MeterIDN Times/M.Idris

Lurah Damai, Herlis Ahsan yang ada di lokasi banjir menjelaskan, untuk RT 31 sebanyak 132 kepala keluarga sedangkan RT 32  sebanyak 12 kepala keluarga terdampak banjir.

"Kawasan Beler ini menjadi langganan banjir di Balikpapan, karena aliran air dari kawasan Utara dan berkumpul di sungai Beler,"ungkapnya.

Warga yang terdampak banjir di Balikpapan ini sudah dilakukan evakuasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Balikpapan  ke lokasi yang  lebih aman untuk sementara waktu sambil menunggu air surut.

Baca Juga: Banjir Samarinda, Pengerukan Waduk Benanga Rp80 M

2. Relawan membagikan nasi bungkus

Balikpapan Banjir, Kawasan Beller Terendam 1,5 MeterIDN Times/ M. Idris

Warga yang terdampak banjir di kawasan Jalan Beller, RT 31 dan 32 ini mendapatkan bantuan nasi bungkus oleh relawan lantaran kondisi banjir yang sangat dalam sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan aktifitas di dapur.

"Kita bagikan nasi bungkus untuk makan siang kepada warga yang masih bertahan di rumah," jelas Usman Ali Petugas BPBD.

Usman melanjutkan, selain membagikan makanan kepada warga yang terdampak banjir, BPBD Balikpapan juga terus melakukan monitoring di sejumlah rumah warga menggunakan perahu karet untuk membantu warga karena kondisi air yang cukup deras dan membahayakan. Petugas SAR gabungan terus berada di lokasi banjir hingga banjir surut.

"Arus air cukup deras, kita kerahkan anggota BPBD dan tim SAR lainya seperti BANDA Indonesia untuk membantu melakukan patroli setiap rumah warga," bebernya.

Usman Ali juga menambahkan, "Sudah ada satu warga kita lakukan evakuasi karena asma yang dideritanya sehingga langsung kita bawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan."

3. Sabhara Polres Balikpapan dan Brimob Polda Kaltim turut membantu evakuasi warga

Balikpapan Banjir, Kawasan Beller Terendam 1,5 MeterIDN Times/ M. Idris

Sabhara Polres Balikpapan dan Brimob Polda Kaltim juga menurunkan perahu karet guna membantu tim SAR yang ada di lapangan melakukan evakuasi korban banjir yang menerpa kawasanJalan Beller.

"Kita kerahkan anggota Polri, dari Samapta Polres serta Brimob Polda Kaltim guna membantu tim SAR yang ada di lapangan membatu evakuasi warga," ungkap Kasat Sabhara Polres Balikpapan AKP. Muhammad Akbar Pontoh.

Meski harus basah-basahan anggota Polres Balikpapan dan  Brimob Polda Kaltim ini berjibaku membawa perahu karet mengitari kawasan Beller yang tertimpa musibah banjir.

Selain itu, satuan lalulintas juga disiagakan di lokasi sekitar  jalan ini untuk mengatur lalu lintas agar pengendara menghindari Jalan Beller karena ketinggian air dan derasnya arus air yang dapat membahayakan pengguna kendaraan roda 2 yang melintas.

Baca Juga: Viral, Aksi Wakeboarding untuk Protes Banjir di Samarinda

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya