Penggunaan Garbarata di Pelabuhan Semayang, Serasa di Bandara!

Akses keluar masuk penumpang jadi lebih cepat

Balikpapan, IDN Times - Menyambut arus mudik Lebaran, PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Cabang Balikpapan mengoperasikan garbarata sebagai jalur keluar masuk penumpang kapal.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan mutu pelayanan Pelabuhan Semayang untuk para penumpang yang menggunakan moda transportasi laut. 

Selain itu juga, PT. Pelindo IV Cabang Balikpapan juga akan membangun eskalator untuk memudahkan akses para penyandang disabilitas. 

1. Garbarata untuk memudahkan penumpang kapal

Penggunaan Garbarata di Pelabuhan Semayang, Serasa di Bandara!IDN Times/M.Idris

Penggunaan garbarata di Pelabuhan Semayang ini adalah yang pertama kali dan bertepatan dengan arus mudik 2019. Garbarata ini di fungsikan untuk turun dan naiknya penumpang kapal. 

Garbarata merupakan jembatan yang menghubungkan pintu kapal/ pesawat terbang dengan ruang tunggu penumpang. Garbarata memiliki dinding dan atap sehingga melindungi penumpang dari terpaan hujan maupun panas matahari. 

Garbarata juga mampu memecah kepadatan di antrean keluar masuk penumpang yang selama ini hanya satu jalur. Adanya garbarata membantu mempercepat proses embarkasi dan debarkasi penumpang yang bisa dilakukan secara bersamaan

"Iya baru tahun ini kita gunakan, serta memudahkan untuk memisahkan penumpang yang turun dan penumpang yang naik, serta lebih aman digunakan oleh penumpang," jelas General Manager PT. Pelindo IV Cabang Balikpapan, Iwan Sjarifuddin.

Iwan menambahkan dengan dioperasikannya garbarata pihak Pelindo sudah menambah daya listrik sebanyak 240 KVA. Sementara pemakaian daya listrik garbarata hanya sebanyak 40 KVA, sehingga daya listrik di Pelabuhan Semayang yang ada saat ini dianggap sudah cukup.

Baca Juga: Tol Laut 8 Belum Beroperasi, Pelabuhan Ini Justru jadi Tempat Wisata

2. Pelindo habiskan Rp8 miliar untuk garbarata

Penggunaan Garbarata di Pelabuhan Semayang, Serasa di Bandara!IDN Times/M.Idris

Demi memberikan rasa kenyamanan pada penggunaan jasa transportasi laut , pihak PT. Pelindo IV Cabang Balikpapan berupaya keras meningkatkan mutu pelayanan, baik dari perbaikan gedung dan fasilitas di dalam pelabuhan, hingga pengadaan Garbarata.

"Semua untuk kenyamanan para penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut, agar penumpang lebih nyaman saat berada di ruang tunggu dan menuju kapal," ungkap Iwan.

PT. Pelindo IV Cabang Balikpapan merogoh kocek sebanyak Rp8 miliar rupiah untuk satu buah garbarata.

3. Eskalator untuk penyandang disabilitas

Penggunaan Garbarata di Pelabuhan Semayang, Serasa di Bandara!IDN Times/M.Idris

Selain garbarata, pihak PT. Pelindo IV  berencana akan kembali membangun eskalator bagi penyandang disabilitas, untuk memudahkan akses disabilitas dalam menggunakan jasa transportasi laut.

"Sejauh ini eskalator belum ada, jadi akan segera kita bangun. Mengingat pengguna jasa transportasi laut ini tidak semuanya (dengan kondisi) normal, tapi ada juga (penyandang) disabilitas" tegasnya. Selain itu untuk menyambut antisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik dan arus balik Lebaran, juga akan ditambah jumlah toilet dan musala di Pelabuhan Semayang. 

Baca Juga: 7 Kota Pelabuhan Paling Keren yang Wajib Dikunjungi

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya