Atasi Macet, Jalan Tembus Grand City Balikpapan Dibuka Februari 2020

Alternatif kemacetan di pertigaan KM 5,5 Jl. Soekarno-Hatta

Balikpapan, IDN Times -  Salah satu pengembang perumahan terbesar di Kota Balikpapan, Sinar Mas Land berencana akan mulai membuka akses jalan tembus yang menghubungkan Jalan MT Haryono dengan Jalan Soekarno Hatta Kilometer 7 di kawasan Perumahan Grand City pada Februari 2020 mendatang.

“Target kami akan mulai dibuka secara resmi oleh Wali Kota Balikpapan pada Februari 2020 mendatang (bertepatan HUT Kota Balikpapan),” kata  Divisi Head Sinar Mas Land Kalimantan dan Sulawesi Limjan Tambunan ketika meninjau jalan tembusan Kilometer 7 di Balikpapan, Kamis (21/11).

1. Dibuka untuk umum pada saat HUT Kota Balikpapan

Atasi Macet, Jalan Tembus Grand City Balikpapan Dibuka Februari 2020IDN Times/Maulana

Berdasarkan pantauan di lapangan, pekerjaan jalan tembus di kawasan Grand City saat ini sudah hampir rampung 100 persen.

Kondisi badan jalan yang dibangun dengan aspal sepanjang 2,3 kilometer sudah selesai, pekerjaan saat ini tinggal pada pengerjaan pembuatan taman yang ada di sekitar pembatas tengah dan badan jalan.

Jalan yang menghubungkan  menghubungkan jalan MT Haryono dengan jalan Soekarno Hatta Kilometer 7 dibangun dengan kapasitas 2 jalur dengan pembatas tengah, yang terdiri dari 6 lajur. Lebar jalan yang dibangun mencapai 32 meter. Kapasitas maksimal jalan tercatat mencapai 8 ton dengan maksimal 2 sumbu kendaraan.

Limjan menjelaskan saat ini sejumlah fasilitas pendukung seperti lampu Penerangan Jalan  Umum (PJU) saat ini sudah sebagian terpasang yang dipasang oleh pihak pengembang Grand City.

Ia menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Balikpapan untuk jadwal peresmian jalan ini. Sesuai jadwal peresmian jalan ini ditargetkan akan dilaksanakan pada Februari 2020 mendatang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pemkot Balikpapan untuk jadwal peresmian yang dilaksanakan bertepatan dengan rangkaian peringatan hari ulang tahun Kota Balikpapan,” jelasnya.

Baca Juga: Spesialis Curnamor di Balikpapan Diciduk, Polisi Buru Rekannya

2. Desember 2019 ini, dilaksanakan uji kelayakan

Atasi Macet, Jalan Tembus Grand City Balikpapan Dibuka Februari 2020IDN Times/Maulana

Untuk menjamin keselamatan pengendara dan pengguna jalan, manajemen Sinar Mas Land sudah mengajukan uji kelayakan jalan.

“Kami akan dilakukan uji kelayakan dengan melibatkan Dinas Perhubungan sebelum resmi dibuka untuk umum,” ungkapnya.

Pelaksanaan pengujian itu meliputi inspeksi awal untuk kelayakan jalan, standar keselamatan dan rambu.  Serta kesiapan fisik jalan sebelum dibuka penggunaan untuk masyarakat.

3. Atasi kemacetan di pertigaan KM 5,5 Jalan Soekarno-Hatta

Atasi Macet, Jalan Tembus Grand City Balikpapan Dibuka Februari 2020IDN Times/Maulana

Pembangunan  jalan tembusan yang menghubungkan jalan MT Haryono dengan jalan Soekarno-Hatta Kilometer 7 di kawasan Perumahan Grand City diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengatasi kemacetan kendaraan di kawasan pertigaan KM 5,5 Jalan Sukarno Hatta.

Kemacetan lalu lintas di kawasan pertigaan KM 5,5 Jalan Soekarno-Hatta kerap terjadi pada pagi dan sore hari yang dapat mencapai 4 kilometer pada hari biasa, dan semakin parah pada hari libur.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, akses jalan ini diharapkan dapat menjadi alternatif pengurai kemacetan yang terjadi kawasan pertigaan Kilometer 5,5 yang seringkali menjadi titik macet paling parah setiap musim mudik Lebaran.

Sudirman mengatakan pembuatan jalan alternatif ini bertujuan untuk mengalihkan sejumlah kendaraan yang melintas di pertigaan Jalan Soekarno-Hatta Kilometer 5,5, sehingga tingkat kepadatan di kawasan tersebut dapat dikurangi.

Baca Juga: Syarat Kesehatan Petugas Pilkada 2020 Balikpapan Diperketat

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya