Balikpapan Siap Jadi Kota Penyangga Ibu Kota Baru di PPU dan Kukar 

Pemerintah dan masyarakat perlu jeli menangkap peluang

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan siap mendukung rencana Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang menetapkan lokasi pemindahan ibu kota negara (IKN) di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Kita bersyukur ibu kota ditetapkan di PPU dan Kukar. Pada prinsipnya kami mendukung penuh arahan pusat dan kota Balikpapan siap bersinergi menjadikan Kaltim sebagai ibu kota negara,” kata Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) atau Dome Balikpapan, Senin (26/8).

1. Siap mendukung penuh

Balikpapan Siap Jadi Kota Penyangga Ibu Kota Baru di PPU dan Kukar Google Maps

Lokasi Kabupaten Penajam Paser Utara yang berbatasan dengan Teluk Balikpapan, menjadikan Kota Balikpapan wilayah yang paling dekat dengan lokasi pembangunan ibu kota negara yang baru.

Menanggapi pernyataan presiden tersebut, Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyambut positif dengan menyatakan siap mendukung penuh keputusan tersebut.

“Pada dasarnya, kami akan mendukung penuh rencana tersebut sebagai keputusan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Baca Juga: Persiapan Ibu Kota Baru, Balikpapan Tingkatkan Infrastruktur Jaringan

2. Penguatan ekonomi di daerah perlu dilakukan

Balikpapan Siap Jadi Kota Penyangga Ibu Kota Baru di PPU dan Kukar motokool.ee

Pemindahan lokasi ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur khususnya PPU dan Kukar, tentunya akan memberikan dampak kepada wilayah yang ada di sekitarnya khusus Kota Balikpapan.

Menurut Rahmad, Kota Balikpapan sebagai kota yang berdekatan akan menjadi penyangga yang harus siap terhadap perubahan yang terjadi termasuk mengantisipasi berbagai hal sangat mempengaruhi situasi kota kedepannya seperti dampak pertumbuhan ekonomi karena tingginya jumlah pendatang akan masuk.

“Dampak ekonomi pasti akan dirasakan, pemerintah daerah perlu melakukan penguatan ekonomi untuk untuk menangkap peluang sebagai kota jasa dan industri. Kita harus siapkan itu,” tegasnya.

Peluang itu tidak hanya ditangkap oleh pemerintah, tapi juga bagi pelaku usaha dan masyarakat tapi termasuk perusahaan  di Balikpapan. Untuk ikut berperan menangkap peluang itu sebagai dari putra daerah atas perkembangan ekonomi yang akan terjadi selama proses persiapan pembangunan ibu kota negara.

3. Balikpapan memiliki hubungan emosional dengan PPU

Balikpapan Siap Jadi Kota Penyangga Ibu Kota Baru di PPU dan Kukar IDN Times/Maulana

Menyinggung kerja sama dengan Pemkab PPU, Rahmad menyatakan siap bersinergi untuk mendukung rencana pembangunan ibu kota negara.  Rahmad menyatakan dirinya siap bersinergi dengan bupati PPU apalagi memiliki kedekatan secara emosional karena Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud merupakan adik kandungnya

“Kedekatan emosional ini dalam konteks bersinergi untuk daerah, bekerja sama lebih baik lagi untuk kemajuan masyarakat Kaltim,” tambahnya.

Baca Juga: Penajam Paser Utara, Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya