Pilwali Balikpapan : Calon Petahana Masih Paling Kuat

Wajah lama masih mendominasi

Balikpapan, IDN Times - Menjelang dimulainya. persiapan Pemilihan Wali Kota Balikpapan tahun 2020. Sejumlah nama mulai muncul meramaikan bursa bakal calon wali kota dan wakil wali kota. Nama-nama yang muncul berasal dari kalangan partai politik, pengusaha hingga birokrat, termasuk bakal calon dari petahana.

Kota Balikpapan menjadi salah satu dari 279 kabupaten/kota yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah serentak pada tahun 2020. Di Kaltim, Pilkada serentak dilaksanakan di sembilan kabupaten dan kota, yakni Paser, Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Mahulu, Bontang, Kutim dan Berau.

1. Rahmad Mas’ud masih mendominasi bursa pencalonan

Pilwali Balikpapan : Calon Petahana Masih Paling KuatIDN Times/Maulana

Partai Golkar sebagai pemenang perolehan suara, dengan perwakilan 11 kursi di DPRD Kota Balikpapan cukup menentukan. Rahmad Mas’ud yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan digadang-gadang akan menjadi bakal calon wali kota mewakili Partai Golkar.

Rahmad Mas’ud juga saat ini juga masih menjabat sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah Partai Golkar Kota Balikpapan.

“Saya serahkan semua proses ke pusat, saya siap saja kalau memang dicalonkan,” kata Rahmad.

Menurut Rahmad, Partai Golkar memiliki mekanisme dalam menentukan pasangan calon yang akan dimajukan dalam Pilkada. Penentuan pasangan calon akan ditentukan oleh sistem penjaringan, yang melibatkan tim survei kelayakan.

Baca Juga: Pengamat Sebut Ada Kans Kepala Daerah Bertarung di Pilwali Surabaya 

2. Abdullah belum tentukan sikap

Pilwali Balikpapan : Calon Petahana Masih Paling KuatIDN Times/Maulana

Nama Abdullah yang saat masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Balikpapan juga diwacanakan akan dipasangkan dalam bursa bakal calon wali kota.

Abdullah merupakan calon legislatif dengan perolehan suara terbanyak pada Pemilu Legislatif 2019, dengan perolehan suara mencapai 9 ribu pemilih. Saat ini, Abdullah juga masih menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Balikpapan. 

Saat ditanya wartawan, Abdullah mengaku belum ada niat untuk maju sebagai calon wali kota. Menurutnya, sebagai kader Partai Golkar, dirinya siap mendukung setiap keputusan partai. Ia mengungkapkan, kalau Rahmad Mas’ud merupakan calon yang terbaik untuk diusung partai.

“Saya serahkan semua keputusan ke partai, apapun keputusan saya akan support,” ujarnya.

3. Sayid M.N. Fadly bakal calon dari birokrat

Pilwali Balikpapan : Calon Petahana Masih Paling KuatFacebook.com/pemkotbpn

Selain bakal calon dari partai politik, nama Sayid M.N.  Fadli juga muncul dalam bursa pencalonan bakal calon wali kota dan wakil wali kota. Sayid M.N. Fadly yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Balikpapan dikabarkan akan dipasangkan dengan sejumlah nama.

Saat dikonfirmasi, Fadly enggan berkomentar ketika ditanya soal isu pencalonan dirinya.

“Saya tidak komentar,” kata Fadly.

4. Mantan Kapolda Kaltim dikabarkan bakal ikut maju

Pilwali Balikpapan : Calon Petahana Masih Paling KuatFacebook.com/safaruddin84

Nama lainnya, yang juga muncul dalam bursa pencalonan bakal calon wali kota adalah Safaruddin, mantan Kapolda Kaltim. Ia akan menjadi calon yang diperhitungkan dalam bursa bakal calon dengan partai pengusung Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan.

Pada Pemilu 2019 lalu, Safaruddin adalah ketua Tim Kemenangan Nasional pasang Capres Joko Widodo - Ma’ruf. 

Safaruddin sebelumnya merupakan Calon Gubernur pada Pilkada Kaltim 2018. Namun Safaruddin yang berpasangan dengan Sekretaris Provinsi Kaltim Rusmadi kalah dalam perolehan suara dengan pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi.

Safaruddin telah menyampaikan kesiapan untuk dimajukan kembali sebagai calon wali kota pada Pilwali Balikpapan 2020. Saat ini Safaruddin merupakan calon legislatif terpilih pada Pemilu Legislatif 2019 dari Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan Dapil Kaltim.

5. Ahmad Basir bakal calon wali kota dari pengusaha

Pilwali Balikpapan : Calon Petahana Masih Paling Kuatfacebook/Ahmad Basir

Selain dari kalangan birokrat dan petahana, calon lain yang memastikan diri akan ikut dalam pencalonan wali kota ini adalah Ahmad Basir. Ia seorang pengusaha properti asal Balikpapan dan telah menyampaikan niat untuk maju di Pilwali Balikpapan kepada media. 

Basir saat ini masih menjabat sebagai Bendahara DPD Partai Nasdem Balikpapan telah melakukan sejumlah persiapan, seperti aktif sosialisasi ke masyarakat serta membangun komunikasi politik. 

Baca Juga: Syarat Calon Independen Pilwali Balikpapan, Minimal 40 Ribu KTP

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya