PT Angkasa Pura I Balikpapan Salurkan Dana CSR Senilai Rp1,3 Miliar 

Digunakan sebagai pinjaman kemitraan dan bantuan langsung

Balikpapan, IDN Times  - PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp1,3 miliar.

"Ini merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan bentuk berkontribusi terhadap pemberdayaan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di kota Balikpapan," kata Shared Services Senior Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan Ida Bagus Ketut Juliadnyana dalam rilisnya di Balikpapan, Jumat (4/10).

1. Sebanyak 21 mitra binaan dilibatkan

PT Angkasa Pura I Balikpapan Salurkan Dana CSR Senilai Rp1,3 Miliar Humas Angkasa Pura

Program CSR adalah program bentuk kepedulian perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Untuk menjalankan program CSR tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi,  tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan. Baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. 

Ida mengatakan pelaksanaan program CSR di  PT Angkasa Pura I merupakan kegiatan yang diprogram secara rutin setiap tahunnya. Saat ini terdapat 21 mitra binaan yang dibina oleh PT Angkasa Pura I untuk dilakukan pendamping pengembangan usaha.

Pada penyaluran CSR tahap 2 ini, PT Angkasa Pura I  cabang Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menyalurkan dana mencapai Rp1.324.446.300 untuk melaksanakan  program kemitraan dan bina lingkungan.

"Dalam penyaluran tahap 2 tersebut hadir sebanyak 21 Mitra Binaan dan 6 orang perwakilan penerima bantuan Bina Lingkungan," ujarnya.

 

Baca Juga: Bandara SAMS Sepinggan Raih Predikat Terbaik di Dunia

2. Kembangkan program pinjaman kemitraan

PT Angkasa Pura I Balikpapan Salurkan Dana CSR Senilai Rp1,3 Miliar Humas Angkasa Pura

Ida menjelaskan dana CSR yang disalurkan sebagian akan dipergunakan untuk membiayai program pinjaman yang akan disalurkan untuk membantu permodalan mitra usaha binaan.

Ida merinci total dana yang akan disalurkan dalam program  pinjaman kemitraan tercatat senilai Rp865.000.000.

Dalam penyaluran nya dana tersebut terbagi  3 sektor yakni sektor industri Rp95.000.000, sektor perdagangan Rp 530.000.000 dan sektor jasa Rp240.000.000, sedangkan bantuan bina lingkungan yang disalurkan senilai Rp459.446.300 yakni meliputi sektor sarana Umum Rp299.466.300 dan sektor sarana ibadah Rp160.000.000.

“Sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk menyalurkan bantuan melalui mekanisme Pinjaman Kemitraan maupun bantuan Bina Lingkungan untuk dapat dimanfaatkan bagi masyarakat," katanya. 

3. Mitra binaan diberi pelatihan manajemen usaha

PT Angkasa Pura I Balikpapan Salurkan Dana CSR Senilai Rp1,3 Miliar Humas Angkasa Pura

Untuk menjamin kelancaran proses pengembalian dana yang dipinjamkan kepada mitra binaan, PT Angkasa Pura I juga menyiapkan program pelatihan kepada mitra binaan melakukan manajemen usaha.

“Apabila kami memiliki kewajiban menyalurkan dan mitra juga memiliki hak menerima dana kemitraan, maka sebagai penerima program kemitraan setelah menerima haknya untuk dapat nantinya menyelesaikan kewajibannya dengan tertib agar dapat dimanfaatkan calon mitra binaan lainnya, "jelas Ida Bagus.

Salah satu mitra binaan, Muhammad Sudi Banten pemilik usaha Samudra Rotan mengapresiasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilaksanakan secara berkelanjutan AP I Balikpapan 

“Terima kasih PT Angkasa Pura I  atas kontribusinya membantu kami sebagai pengusaha semoga semakin sukses, sebagai salah satu bandara calon ibu kota Kalimantan Timur”, ungkapnya.

Sebagai informasi pada tahun 2019 secara total program pinjaman kemitraan tahap I dan II yang telah disalurkan Rp1.465.000.000,-, dan program Bina Lingkungan tersalurkan senilai Rp835.133.450.

Sementara itu penyaluran program kemitraan dan bina lingkungan yang akan disalurkan berikutnya pada triwulan IV 2019 direncanakan total sebesar Rp2 Miliar.

Baca Juga: Bandara SAMS Sepinggan Luncurkan Layanan Premium Khusus Jemaah Umrah 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya