Teknologi Ovenless, Body Repair Kendaraan di Auto2000 Selesai 4 Jam

Ovenless lebih hemat biaya dan waktu

Balikpapan, IDN Times - Auto2000 Body Paint merupakan salah satu member dari Astra Group di bidang body repair kendaraan menargetkan pekerjaan perbaikan bodi kendaraan dapat selesai dalam waktu 4 jam. Target tersebut dibuat dengan penerapan teknologi ovenless yang dipastikan akan mempercepat proses perbaikan kendaraan.

"Kami memang target pekerjaan perbaikan bodi kendaraan selesai dalam waktu 4 jam per panel, sehingga dapat memberikan keuntungan waktu bagi pelanggan," kata Kepala Bengkel Auto2000 Body Paint Balikpapan Wahju Prajitno dalam kegiatan Auto 2000 Exploration Media Kalimantan di Kantor Auto2000 Body Paint Balikpapan, Rabu (27/11).

 

1. Ovenless lebih murah

Teknologi Ovenless, Body Repair Kendaraan di Auto2000 Selesai 4 JamIDN Times/Maulana

Auto2000 Body Paint Balikpapan menjadi bengkel body repair yang pertama menerapkan teknologi ovenless dalam proses perbaikan body kendaraan. Wahju menjelaskan teknologi ovenless merupakan hasil inovasi yang dilakukan oleh Auto2000 Body Paint Balikpapan untuk menghemat biaya investasi dalam proses pengecatan kendaraan dengan teknologi oven.

Penyediaan seperangkat alat pengecatan kendaraan ini memerlukan investasi hingga Rp624 juta . Namun, dengan teknologi ovenless yang dikembangkan pihaknya, biaya investasi dapat ditekan hingga Rp85 juta per unit. Pembuatan dengan unit ovenless ini dilakukan dengan memodifikasi alat oven yang sudah ada, sehingga lebih mudah dalam pembuatannya.

Selain itu, penggunaan teknologi ovenless ini juga dapat menghemat biaya perawatan peralatan dibandingkan dengan menggunakan teknologi oven.

Per bulan dengan teknologi oven biaya perawatan mencapai Rp7,8 juta untuk pergantian berkala seperti filter udara. Sedangkan dengan menggunakan teknologi ovenless hanya diperlukan dana sekitar Rp600 ribu per bulan karena menggunakan filter yang umum dipergunakan di pasaran.

Baca Juga: Dibanderol Rp312 Jutaan, Harga Toyota Innova Varian G Kemahalan?

2. Lebih menghemat waktu

Teknologi Ovenless, Body Repair Kendaraan di Auto2000 Selesai 4 JamIDN Times/Maulana

Wahju menjelaskan, menggunakan teknologi ovenless dapat menghemat biaya dan waktu. Untuk proses pengeringan bahan dan cat lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dibandingkan dengan teknologi oven selama 45 menit.

Bahan dalam proses pengerjaan yang dipergunakan berbeda dengan bahan cat pada umumnya. Pada teknologi ovenless, pihaknya menggunakan nonsanding surfacer sebagai bahan untuk meratakan permukaan yang tidak perlu diamplas dalam proses pengerjaannya. Serta fast dry clear coat sebagai lapisan atas cat yang tidak perlu menggunakan proses pengeringan dengan oven.

"Dalam hitungan ongkos bahan dan pekerjaan hampir sama saja tergantung kondisi kendaraan, namun keuntungannya konsumen dapat menghemat waktu," ujarnya.

Selain itu, penggunaan bahan fast dry clear coat disebutkan lebih glossy dibandingkan pada teknologi oven sehingga hasilnya lebih maksimal.

3. Ovenless akan dikembangkan ke bengkel Auto2000 lainnya

Teknologi Ovenless, Body Repair Kendaraan di Auto2000 Selesai 4 JamIDN Times/Maulana

Wahju menjelaskan penggunaan teknologi ovenless dalam proses pengerjaan perbaikan bodi kendaraan telah mendapatkan The Best National Kaizen Innovation Marathon

Teknologi ovenless yang merupakan hasil kreasi dari Auto2000 Body Paint Balikpapan ini akan dijadikan patokan standar bagi bengkel body paint di Auto2000 lainnya. 

Ia menjelaskan penggunaan teknologi ovenless ini telah digunakan yakni di Balikpapan, Grogot dan layanan mobile Auto2000.

4. Dinilai pantas mendapatkan penghargaan tingkat Asia Pasifik

Teknologi Ovenless, Body Repair Kendaraan di Auto2000 Selesai 4 JamRoyen Bonggal, Operation Manager Auto2000 Wilayah Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara, Royen Bonggal, Operation Manager Auto2000 wilayah Kalimantan Bali dan Nusa Tenggara menjelaskan, "Ovenless ini teknologi yang sangat aplikatif, layak kalau mendapat predikat The Most Excellence Award tingkat Asia Pasifik," katanya. 

Sedangkan menurut salah seorang pelanggan Auto2000, Nadi Wijaya mengaku memilih menggunakan jasa perbaikan bodi repair di Auto2000 karena kualitasnya pekerjaan dan pelayanan.

"Saya kalau harga tidak masalah yang penting kualitas, selain itu di sini enak komunikasinya," ungkapnya.

 

Baca Juga: Auto 2000 Targetkan Kenaikan Penjualan dari RDMP dan Ibu Kota Baru

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya