Comscore Tracker

Kebakaran Gang Raudah Samarinda, Tiga Rumah Ludes Terbakar

Puluhan Unit Pemadam gabungan diturunkan

Samarinda, IDN Times - Bencana kebakaran kembali melanda Kota Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (28/3/2022) pagi. Kali ini, korban api melanda tiga rumah sekaligus di Jalan Raudah III RT 12 Kelurahan Teluk Lerong Ilir Kecamatan Samarinda Ulu. 

Dugaan sementara ini, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda Hendra mengatakan, kebakaran tiga rumah disebabkan korsleting listrik di lokasi bencana. 

“Penyelidikan lebih lanjut masih berjalan dan diperiksa oleh Polsek Samarinda Ulu,” katanya pada IDN Times.

1. Kronologi Kejadian

Kebakaran Gang Raudah Samarinda, Tiga Rumah Ludes TerbakarToko sembako ludes di lahap api. (Nina/IDN Times)

Seorang saksi, Ketua RT 12 Eka Nirwana (49) mengungkapkan, nyala api berasal dari toko sembako milik warga setempat bernama Muhapi pada pukul 06.50 Wita. Kebetulan lokasi kebakaran tepat berada di depan rumah saksi. 

Setelah itu Eka sapaan akrabnya, mendengar beberapa kali suara klakson dari luar, hingga bermunculan suara warganya yang berteriak meminta pertolongan.

Saat terbakar, toko dalam kondisi kosong di tinggal pemilik pulang kampung.

“Saya di dalam rumah dengar banyak bunyi klakson, gak lama terdengarkan suara teriakan warga, ada kebakaran. Saat itu juga saya keluar memastikan, dan benar api sudah besar. Merembet ke rumah sebelahnya,” kata Eka.

Baca Juga: Belasan Kilogram Narkoba Dimasukkan ke Dalam Kloset Samarinda

2. Disdamkar Samarinda kerahkan personel hingga relawan

Kebakaran Gang Raudah Samarinda, Tiga Rumah Ludes TerbakarKepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda, Hendra (Nina/IDN Times)

Dalam proses selama satu jam, amukan si jago merah yang terjadi di kawasan padat pemukiman itu berhasil dipadamkan oleh Balakar, relawan, dan Disdamkar Samarinda.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda pun terjun langsung memantau kejadian. Ia menyebut, ada 2 unit mobil tangki air Disdamkar yang diturunkan, dibantu dengan puluhan unit mobil pemadam yang dimiliki oleh para relawan.

“Api berhasil dikuasai, selama 1 jam. Ini berkat bantuan teman-teman relawan yang terjun langsung dengan perlengkapannya untuk membantu memadamkan api melalui 2 penjuru sekaligus,” terang Hendra.

3.Sempat alami kesulitan lantaran kerumunan warga.

Kebakaran Gang Raudah Samarinda, Tiga Rumah Ludes TerbakarKetua Relawan se Samarinda, Jokis (Nina/IDN Times)

Sementara itu, para relawan sempat kesulitan dalam melakukan proses pemadaman api. Ketua Relawan Samarinda Jokis mengaku, mengaku kesulitan saat memadamkan api di kawasan Teluk Lerong Jalan Raudah.

Persoalannya terletak akses jalan yang sempit ditambah kerumunan warga yang menonton kebakaran. Petugas pun kesulitan membawa peralatannya untuk mendekati lokasi kebakaran. 

“Bukan kali pertama kita temui kesulitan begini, kalau hanya jalan sempit bisa diakali dengan selang panjang. Tapi kalau warga berkerumun sekadar menonton itu yang sulit sekali, kadang selang pemadam kami juga terinjak dan macam macam lah,” keluhnya. 

Baca Juga: Polisi Gadungan Peras Pengguna Narkoba di Samarinda 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya