Comscore Tracker

Happy Birthday Queen Elizabeth II yang ke 96 Tahun! 

Cek fakta dan sejarah Ratu Elizabeth II 

Ratu Elizabeth II genap berumur 96 tahun pada tahun ini. Kerajaan Inggris dan masyarakatnya selalu merayakan hari kelahiran sang ratu setiap tanggal 21 April dengan berbagai parade. Peringatan upacara ulang tahun sang ratu biasanya memang dirayakan dengan penuh suka cita bagi masyarakat Inggris.

Dilansir dari instagram resmi kerajaan Inggris @theroyalfamily dalam rangka memperingati hari ulang tahun Ratu Elizabeth II banyak fakta-fakta yang diberikan oleh pihak kerajaan terkait sejarah mengenai sang ratu yang paling lama memimpin monarki negara Inggris ini. 

Diinfokan juga oleh media The Sun berita Inggris, ulang tahun Ratu akan ditandai dengan penghormatan senjata publik di tempat, seperti Windsor Great Park, Tower of London, dan Hyde Parka.

Di usianya yang hampir 1 abad, berikut disampaikan fakta-fakta menarik Ratu Elizabeth II yang bikin kita nostalgia kembali!

1. Ratu Elizabeth II miliki nama Elizabeth Alexandra Mary 

Happy Birthday Queen Elizabeth II yang ke 96 Tahun! Ratu Elizabeth II saat umur 2 tahun. Instagram.com/theroyalfamily

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu kalau ternyata Ratu Kerajaan Inggris ini bernama Elizabeth Alexandra Mary. Ratu sendiri merupakan seorang Kristiani yang pada saat itu dibaptis dan diberi nama Alexandra untuk nama dari nenek buyut dan Mary dari nama nenek dari pihak ayah Ratu Elizabeth II.

2. Ratu Elizabeth II rayakan ulang tahun dua kali setahun

Happy Birthday Queen Elizabeth II yang ke 96 Tahun! Potret Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Instagram.com/theroyalfamily

Sejak masa pemerintahan Raja George II pada tahun 1748, sudah menjadi tradisi bagi raja untuk memiliki dua hari ulang tahun. Hal ini dikarenakan cuaca di negara Inggris yang tempramental. Raja George II lahir pada bulan November yang mana pada waktu itu udara di Inggris sangat dingin untuk melakukan perayaan parade, maka dengan itu raja memutuskan untuk menggabungkan ulang tahunnya dengan parade militer pada musim semi, hingga sampai saat ini tradisi tersebut berlangsung.

Ratu Elizabeth sendiri lahir pada 21 April 1926 namun untuk ulang tahun keduanya berubah setiap tahun. 

3. Ratu dapat hadiah ulang tahun anak anjing di ulang tahunnya yang ke 18 tahun

Happy Birthday Queen Elizabeth II yang ke 96 Tahun! Ratu Elizabeth II saat beri makan anjing. Instagram.com/theroyalfamily

Di perayaan ulang tahun sang ratu yang ke 18 tahun sekitar 78 tahun lalu, Ratu Elizabeth II pernah menerima hadiah yaitu corgi (salah satu ras anjing bertubuh pendek) yang pada saat itu diberi nama susan. Tercatat bahwa saat itu ratu sudah mempunyai lebih dari 30 corgi dan dorgi (anjing hasil persilangan antara anjing jenis welsh corgi dan dachsund).

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa Super Cozy di Samarinda

4. Ratu Elizabeth miliki tiga orang putra dan satu orang putri

Happy Birthday Queen Elizabeth II yang ke 96 Tahun! Ratu dan Pangeran Charles. Instagram.com/theroyalfamiy

Pada tahun 1934 merupakan awal pertemuan pertama antara Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip kemudian keduanya baru menikah pada November 1947 silam. Baru saja memperingati upacara kematian Pangeran Philip, dari pernikahan ratu dan Pangeran Philip tersebut, mereka dikaruniai 3 orang putra dan 1 orang putri. 

Pangeran Charles lahir pada November 1948, merupakan anak pertama Ratu Elizabeth II dan sekarang menjadi pewaris takhta Kerajaan Inggris setalah Ratu Elizabeth II nanti.

Selanjutnya ratu dikaruniai anak kedua (Putri Anne) pada tahun 1950, anak ketiga (Pangeran Andrew) pada tahun 1960 dan anak terakhir (Pangeran Edward) pada tahun 1964.

5. Ratu Elizabeth naik takhta di umur yang masih muda yaitu 25 tahun

Happy Birthday Queen Elizabeth II yang ke 96 Tahun! Ratu Elizabeth II saat penobatan menjadi ratu Inggris. Instagram.com/theroyalfamily

Menjadi pewaris takhta Kerajaan Inggris semenjak sang ayah, Raja George IV meninggal dunia, Ratu Elizabeth diangkat menjadi ratu sejak 06 Februari 1952. Saat itu usia ratu masih 25 tahun, namun penobatannya terjadi setahun kemudian pada bulan Juni 1953 di Westminster Abbey. 

Selama upacara penobatan tersebut, Ratu Elizabeth II disumpah untuk melayani rakyat persemakmuran menurut hukum dan adat masing-masing.

6. Ratu Elizebeth pernah mengirimkan kartu ulang tahun bagi yang rayakan ultah ke 100 tahun

Happy Birthday Queen Elizabeth II yang ke 96 Tahun! Ratu Elizabeth II di Windsor Castle. Instagram.com/theroyalfamily

Selama masa pemerintahan Ratu Elizabeth II, bagi siapa saja yang merayakan ulang tahun ke 100, maka mereka berhak untuk mendapatkan kartu ulang tahun dari Ratu. Tidak dibatasi, siapa pun yang tinggal di wilayah Inggris Raya ataupun di wilayah persemakmuran, maka dia berhak untuk mendapatkan itu. Sangat spesial dan bahagia rasanya jika pernah mendapatkan kartu ucapan tersebut.

7. Ratu Elizabeth II menjadi raja/ratu yang paling lama memerintah kerajaan Inggris

Happy Birthday Queen Elizabeth II yang ke 96 Tahun! Ratu Elizabeth dalam rangka perayaan 70 tahun sebagai pemegang takhta kerajaan Inggris. Instagram.com/theroyalfamily

Hingga tahun 2022, Ratu Elizabeth II sudah tercatat selama 70 tahun memimpin monarki kerajaan Inggris. Tepat pada 9 September 2015 lalu, Ratu Elizabet II mengambil alih raja/ratu yang paling lama memerintah di Inggris. Ratu Elizabeth II berhasil melampaui nenek-nenek buyutnya terdahulu. Sebelumnya, raja/ratu yang memimpin di Inggris paling lama adalah Ratu Victoria yang memerintah selama kurang lebih 63 tahun 216 hari di Inggris.

Dikutip dari media The Sun berita Inggris, ia juga merupakan raja wanita tertua yang memerintah dalam sejarah dunia. Wah! Memang patut sang ratu menjadi wanita paling dikagumi dunia. Tentunya dengan masa kepemimpinan yang sudah lebih 70 tahun ini semoga Ratu selalu diberikan kesehatan dan diberkati oleh Tuhan!

Baca Juga: 9 Potret Memikat Air Terjun Tanah Merah, Wisata Alam Unik di Samarinda

Nur Zulfariza Photo Community Writer Nur Zulfariza

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya