Beraksi saat Ramai Pemudik, Pencopet di Pelabuhan Semayang Ditangkap

Polisi juga amankan tujuh parang

Balikpapan, IDN Times - Petugas kepolisian yang berjaga di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur mengamankan dua orang copet yang beraksi di tengah kerumunan pemudik pada, Minggu (24/4/2022). 

Kedua pelaku tersebut adalah Muhammad Irfandi (29) dan Isbal (45). Mereka mencuri barang berharga milik seorang penumpang bernama Edy Diamsyah. Kapolsek Pelabuhan Semayang, AKP Abu Sangit mengatakan, para pelaku diamankan di dek 5 kapal motor (KM) Lambelu sesaat setelah melancarkan aksinya.

“Ya, kemarin kami amankan dua copet, sekarang (pelaku) masih dalam proses di Polsek Semayang,” terangnya, saat ditemui di posko terpadu Pelabuhan Semayang pada, Kamis (5/5/2022).

1. Ditangkap setelah ketahuan oleh polisi

Beraksi saat Ramai Pemudik, Pencopet di Pelabuhan Semayang DitangkapKapolsek Pelabuhan Semayang, AKP Abu Sangit

Abu menjelaskan, kasus ini terungkap saat anggotanya yang mengenakan pakaian sipil ikut membaur bersama para penumpang lainnya. Saat melakukan pemantauan kabtimnas di ruang tunggu pelabuhan.

Merasa janggal dengan tindakan dua pria tersebut, akhirnya petugas mengikuti mereka hingga ke atas kapal. Benar saja, polisi pun mendapati keduanya tengah beraksi melakukan pencurian.

“Langsung diamankan oleh petugas, kemudian di bawa ke pos,” terangnya.

Baca Juga: Hingga April, Kasus Laka di Balikpapan Banyak Timbulkan Korban Jiwa

2. Barang bukti yang diamankan

Beraksi saat Ramai Pemudik, Pencopet di Pelabuhan Semayang DitangkapIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Polisi kemudian menggeledah keduanya. Dan didapati satu unit handphone merek Vivo Y12 berwarna biru gelap dan sebuah tas kulit milik penumpang bernama Edy.

Sementara keduanya, lanjut Abu, diketahui juga merupakan penumpang. “Yang jelas di KTP-nya keduanya bukan warga Balikpapan,” ucap dia.

3. Amankan 5 parang milik penumpang

Beraksi saat Ramai Pemudik, Pencopet di Pelabuhan Semayang Ditangkapilustrasi seseorang membawa parang (Pixabay.com/TRAPHITHO)

Demi menjaga keamanan di atas kapal, polisi juga turut mengamankan benda tajam yang hendak di bawa oleh penumpang. Empat parang diamankan pada Selasa (26/4/2022) milik seorang penumpang KM Labobar tujuan Surabaya di pintu masuk check 1.

Sementara sebilah parang lainnya diamankan pada Jumat (29/4/2022) milik seorang penumpang dengan kapal dan tujuan yang sama.

“Kami amankan di Polsek, karena termasuk benda berbahaya. Tapi penumpangnya tetap jalan, nanti kalau kembali mau diambil oleh yang punya kami persilakan,” tutupnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Dokter Gigi di Samarinda

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya