Kebakaran di Samarinda, Diduga dari Tempat Penimbunan Solar

Warga panik hingga tarik paksa selang petugas

Balikpapan, IDN Times - Peristiwa kebakaran melanda pemukiman warga yang berada di kawasan Jalan Untung Suropati RT 25, Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Senin (13/6/2022) pagi.

Akibat kejadian ini, lima bangunan yakni satu rumah makan dan empat rumah tunggal habis dilalap si jago merah. Selama proses pemadaman, para petugas sempat mengalami insiden saling tarik-menarik selang dengan para warga yang berada di lokasi kejadian.

"Kendala tidak ada akses cukup luas dan di dekat sungai, hanya tadi ada insiden tadi masyarakat sempat menarik selang relawan dan sempat terjadi trouble mesinnya," ujar Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Samarinda Hendra AH.

1. Terjadi aksi tarik-menarik petugas dengan warga

Kebakaran di Samarinda, Diduga dari Tempat Penimbunan SolarKepanikan warga saat terjadi kebakaran di Samarinda, Kaltim (istimewa)

Kejadian aksi tarik-menarik itu bahkan viral di media sosial. Hendra mengimbau agar masyarakat yang tak berkompeten agar tidak mendekati lokasi kebakaran. Apalagi bila sampai merebut alat pemadaman milik petugas.

Sementara itu, diketahui api semakin membesar karena rupanya di lokasi kebakaran merupakan tempat penimbunan solar. Meskipun begitu, belum diketahui pemicu penyebab terjadinya kebakaran. 

"Terjadinya di tempat penumpukan solar, kalau untuk penyebabnya belum tahu sekarang masih ditangani oleh pihak yang berwajib," tutur Hendra.

Baca Juga: Stadion Segiri di Samarinda Sudah 95 Persen Siap Gelar Piala Presiden

2. Damkar kerahkan 31 unit alat pemadam

Kebakaran di Samarinda, Diduga dari Tempat Penimbunan SolarTempat diduga penimbunan solar terbakar (istimewa)

Asap yang membumbung tinggi dan api yang cukup besar karena menyambar solar, membuat proses pemadaman memakan waktu sekitar satu jam lebih.

Bahkan untuk memadamkan api tersebut, petugas sampai mengerahkan 11 unit tanki fire truck dari Disdamkar dan PMK Samarinda. Juga bantuan 20 unit mesin portabel milik relawan.

Dengan melibatkan 12 unsur lapangan, gabungan Damkar, relawan, dan TNI-Polri. 

3. Satu korban luka ringan

Kebakaran di Samarinda, Diduga dari Tempat Penimbunan SolarSebuah warung di Jalan Suropati, Sungai Kunjang, Samarinda terbakar (istimewa)

Sementara dari data yang dihimpun Damkar dan relawan lapangan, api muncul pertama kali dari sebuah warung makan. Hingga merembet ke bangunan lainnya. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Dan hanya ada satu korban luka ringan.

Sedangkan dari kejadian ini, terdapat lima kepala keluarga (KK) atau 20 jiwa yang harus kehilangan tempat tinggal.

Baca Juga: Wali Kota Tegaskan Anak yang Diusir Guru di Samarinda, Salah Paham 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya