Comscore Tracker

Lakalantas Maut di Km 35, Korban Warga Balikpapan Dilaporkan Tewas

Diketahui, korban hendak mengantar paket ke Samarinda

Balikpapan, IDN Times - Kecelakaan maut terjadi di Jalan Soekarno Hatta Kilometer 35 Kelurahan Karya Merdeka Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (18/10/2021). Kecelakaan melibatkan dua kendaraan, sepeda motor Honda ADV 150 nomor polisi KT 6197 YY dikendarai Firmansyah (22) dengan Toyota Avanza nomor polisi KT 1030 KU dikendarai Setiadi Pranata (36).

Akibat peristiwa ini, Firmansyah yang diketahui merupakan warga Balikpapan Kota dilaporkan meninggal dunia. 

Saat dikonfirmasi ke Kanit Laka Satlantas Polres Kukar Iptu Sunarto, melalui pesan singkat WhatsApp, dirinya membenarkan kejadian ini.

"Iya (betul)," tulisnya singkat. 

1. Kronologi kejadian

Lakalantas Maut di Km 35, Korban Warga Balikpapan Dilaporkan TewasMobil yang dibawa oleh Setiadi alami kerusakan bagian depan, (IDN Times/Riani Rahayu)

Berdasarkan rincian kronologis yang disampaikan pihak di lapangan, usai olah TKP, dijelaskan bahwa kejadian bermula ketika mobil Avanza yang dikemudikan Setiadi melaju dari arah Samarinda menuju Balikpapan. Sesampainya di TKP, Setiadi hendak menyalip mobil truk di depannya. Padahal kondisi jalan yang menikung ke kiri sedikit menanjak, serta garis marka lurus tanpa putus berwarna kuning terang menandakan daerah tersebut merupakan daerah pemukiman padat penduduk. 

Mobil Setiadi akhirnya masuk ke jalur  jalan sebelah kanan.

Tanpa disadari olehnya, dari arah berlawan korban Firmansyah melaju dengan sepeda motornya. Karena posisi keduanya yang sudah sangat dekat akhirnya membuat tabrakan pun tak terhindarkan. 

"Korban Firmansyah terjatuh dan mengalami luka di bagian kepala, patah terbuka kaki kanan, dan meninggal dunia di TKP. Korban pun dievakuasi ke RS Abadi Samboja," tulis Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Kaltim AKBP Bangun Isworo.

Sementara itu, korban Setiadi mengalami luka memar pada bagian tangan.

Baca Juga: Sempat Mandek, Pencabulan Anak di Bawah Umur Balikpapan akan Diproses 

2. Korban hendak mengantar paket

Lakalantas Maut di Km 35, Korban Warga Balikpapan Dilaporkan TewasIlustrasi Kecelakaan Kendaraan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, informasi dari seseorang yang merupakan kenalan korban, Firmansyah dikatakan hendak mengantarkan sebuah paket ke Samarinda. Namun nahas, keberangkatannya menuju Kota Tepian itu, justru menjadi malapetaka menimpa korban. 

"Dia itu mau pergi ke Samarinda, pergi kerja," ucap Mahda, tetangga korban.

Sementara itu, keadaan jalan pagi tadi juga basah akibat guyuran hujan yang melanda sejak semalam. Sedangkan sepeda motor korban hancur lebur tak berbentuk akibat menghantam dengan keras bumper depan mobil Avanza. 

3. Polisi dalami kejadian ini

Lakalantas Maut di Km 35, Korban Warga Balikpapan Dilaporkan TewasIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Sementara itu, Kanit Laka Satlantas Polres Kukar Iptu Sunarto menuturkan, bahwa pihaknya masih mendalami peristiwa laka lantas tersebut. Namun dalam data olah TKP disebutkan ada unsur-unsur pelanggaran lalu lintas, yang mana telah melanggar adanya marka jalan. 

Maka dalam peristiwa ini, polisi merincikan jika pelanggaran yang terjadi dalam kasus laka ini ialah Pasal 310 ayat 4 UULAJ No 22 Tahun 2009. Saat ditanyai mengenai status pengendara Avanza, Sunarto hanya menjawab agar menunggu hasil dari penyelidikan.

"Masih proses ya, proses pendalaman," terangnya.

Baca Juga: Ratusan Rumah Tak Layak Huni di Balikpapan Direnovasi 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya