Comscore Tracker

Sungai Mahakam sebagai Tempat Keramat Masyarakat Mahulu

Sungai melintasi kota/kabupaten di Kalimantan Timur

Mahulu, IDN Times - Sungai Mahakam merupakan sungai yang sangat terkenal di Kalimantan Timur (Kaltim).  Namun tahukah Anda bahwa di sungai ini dikenal masyarakat sebagai tempat angker di Mahakam ulu. Sungai sepanjang 920 kilometer yang aliran airnya melintasi Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Samarinda, hingga Selat Makassar. 

Di balik keindahannya, Sungai Mahakam ini menyimpan mitos yang banyak diceritakan masyarakat. Salah satunya tentang mitos seekor ular naga yang mendiami Sungai Mahakam. 

Seperti apa sebenarnya mitos tentang Sungai Mahakam? Yuk, keep scrolling aja. 

1. Misteri seekor naga Mahakam

Sungai Mahakam sebagai Tempat Keramat Masyarakat Mahuluwww.indonesiakaya.com

Jika menceritakan kisah misteri di Sungai Mahakam pasti tidak terlepas dari cerita seekor naga. Naga ini menjadi satu legenda yang ceritanya bahkan sudah ada dalam cerita rakyat. Namanya legenda, kisah naga ini tetaplah cerita yang belum dibuktikan kebenarannya.

Awal mula terjadinya kisah naga sungai ini terjadi pada tahun 2017, di mana ada seorang pria misterius yang nekat terjun ke Sungai Mahakam. Tepatnya berada di lokasi pelabuhan penyeberangan tambangan. Bahkan masyarakat berspekulasi jika ada manusia yang melihat naga tersebut maka akan ikut terjun ke dalam Sungai Mahakam.

Pada saat kejadian pria yang terjun ke sungai itu, banyak masyarakat yang menyaksikannya. Entah keberadaan naga tersebut benar atau tidaknya masih misterius, namun cerita ini sudah banyak beredar di masyarakat. Ada masyarakat sekitar yang bahkan melihat sosok naga ini, matanya terlihat sangat jelas dan memiliki tubuh yang sangat besar.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Kutai sebagai Cikal Bakal Masyarakat di Kaltim

2. Mitos tentang kisah naga di Sungai Mahakam

Sungai Mahakam sebagai Tempat Keramat Masyarakat MahuluIlustrasi tongkang yang mengangkut hasil tambang, batu bara, saat melewati Jembatan Kembar di Sungai Mahakam di Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Namun, kisah naga ini dahulu sampai sekarang hanya ada dalam cerita sehingga layaknya sebuah legenda yang dipercayai masyarakat. Namanya legenda itu sudah menjamur di mata masyarakat. Entah keberadaannya benar atau tidak kita pun tidak bisa membuktikannya karena makhluk kasad mata yang tidak mungkin kita dapat lihat.

Cerita lainnya ada di tahun 1980, di mana saat tengah malam seekor naga muncul di permukaan Sungai Mahakam. Entah masyarakat tersebut benar-benar jelas melihatnya, ia menggambarkan bahwa sesosok naga ini sangat besar tubuhnya, hingga membuat masyarakat makin panik dengan adanya kejadian ini.

Terlepas dari itu semua, yang namanya sungai besar dan luas seperti Sungai Mahakam ini, jelas jika terdapat beberapa hal gaib. Kita harus mempercayai bahwa jin dan iblis memang ada di bumi ini.  Ditambah lagi masyarakat Kaltim ini mayoritas Suku Dayak yang masih meyakini hal-hal gaib seperti itu.

3. Misteri air Sungai Mahakam dan daya tariknya sebagai tempat pelet

Sungai Mahakam sebagai Tempat Keramat Masyarakat MahuluTenggarong, ibu kota Kutai Kartanegara saat diambil potret dari ketinggian. Terlihat Jembatan Kutai Kartanegara megah membelah Sungai Mahakam (IDN Times/Yuda Almerio)

Menurut cerita dari masyarakat sekitar, jika ada orang yang pernah minum air dari Sungai Mahakam, tentu akan kembali lagi ke kota tempat sungai itu berasal. Meskipun hanya beberapa waktu saja alias dalam waktu beberapa jam saja. Entah kabar tersebut benar atau tidak, sampai saat ini masih menjadi misteri di kalangan warga. 

Namun banyak orang yang mengalami hal ini, khususnya bagi warga yang baru merantau ke Kaltim. Jika orang tersebut pernah minum sekali air dari Sungai Mahakam, maka orang itu akan balik lagi untuk kedua kalinya. Entahlah gagasan tersebut benar atau tidak, belum ada masyarakat yang mengakui kebenarannya.

Demikianlah informasi yang kami sampaikan terkait tempat angker di Mahakam ulu, khususnya di wilayah Sungai Mahakam.

Semoga menambah ilmu pengetahuan baru bagi kita semua.

Baca Juga: Asal Usul dan Sejarah Singkat Kota Balikpapan 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya