Peredaran Ganja di Kafe dan Ancaman bagi Generasi Muda Balikpapan

BNNK Balikpapan minta orangtua perhatikan pergaulan anak

Balikpapan, IDN Times - Sudah empat kali Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mengungkap peredaran ganja di Kota Beriman. Karena temuan itu, Kota Balikpapan sendiri disebut masih jauh dari kata aman terkait kasus narkoba.

Bahkan, Kepala BNNK Balikpapan Risnoto baru-baru ini mengungkapkan, jika Kota Balikpapan ingin dijadikan sebagai pasar ganja. Fakta itu pihaknya temukan berdasarkan keterangan dari para pelaku yang telah diamankan.

"Itu karena maraknya kafe-kafe di Balikpapan. Mereka memanfaatkan itu untuk mengedarkan barangnya dan tepat sasaran ke anak-anak muda," ujarnya saat pertemuan konferensi pengungkapan kasus ganja beberapa waktu lalu.

1. Transaksi melalui media online dalam pantauan

Peredaran Ganja di Kafe dan Ancaman bagi Generasi Muda BalikpapanIDN Times/Arief Rahmat

Di antara berbagai upaya dalam mengedarkan narkotika, transaksi melalui media online merupakan modus terbanyak yang ditemukan oleh pihak BNN. Di mana ganja-ganja tersebut dipesan dari luar Kota Balikpapan kemudian dikirim menggunakan jasa ekspedisi.

"Untuk itu kami selalu bersinergi dengan instansi terkait seperti bea cukai dan para penyedia jasa ekspedisi berupa kegiatan pencegahan untuk meningkatkan kewaspadaan bersama," terang Risnoto 

Baca Juga: Edarkan Sabu, Pemuda Pengangguran Balikpapan Dibekuk Polres PPU 

2. Apresiasi atas dukungan banyak pihak untuk memutus peredaran narkotika

Peredaran Ganja di Kafe dan Ancaman bagi Generasi Muda BalikpapanBNNK Balikpapan saat menunjukkan barang bukti ke hadapan awak media (IDN Times/Riani Rahayu)

Kemarin, BNNK Balikpapan pun telah memusnahkan 854 gram tanaman ganja kering yang gagal masuk dan beredar di Balikpapan. Diketahui selama ini ganja-ganja yang berhasil diungkap berasal dari Kota Jakarta, Madura, dan Bogor.

Tak hanya itu, semua kasus yang terungkap pun merupakan satu jaringan. Tak hanya pengedar, bahkan sampai penggunanya pun saling keterkaitan.

"Maka itu, BNN begitu mengapresiasi dukungan seluruh pihak utamanya dalam mencegah peredaran gelap narkoba," tuturnya.

3. BNN beri nasihat kepada orangtua dan generasi muda

Peredaran Ganja di Kafe dan Ancaman bagi Generasi Muda BalikpapanIlustrasi pertemanan (Pexels.com/Min An)

Sementara itu, BNNK Balikpapan juga mengingatkan kepada para orangtua agar lebih waspada terhadap pergaulan anak-anaknya. Pun termasuk anak-anak muda zaman sekarang. Tak hanya waspada terhadap ganja saja, generasi muda juga jangan sampai terlena dengan tembakau gorila, baik sintetis maupun cair.

"Setidaknya kita harus bisa mengenali lingkungan pertemanan anak dan menjadi pendukung yang baik saat anak mulai beranjak dewasa," tutupnya.

Baca Juga: Kafe-Kafe di Balikpapan Dibidik Menjadi Pasar Peredaran Ganja

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya