Air Minim, Petugas Gunakan Detergen Padamkan Karhutla di Kalsel

Campuran detergen dengan air diyakini mampu dinginkan lahan

Banjarmasin, IDN Times - Tim Satuan Tugas Kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Kalimantan Selatan, Manggala Agni menggunakan air campur detergen untuk memadamkan api. Ini dilakukan akibat keterbatasan air untuk memadamkan titik api yang menghanguskan puluhan hektare lahan di Desa Liang Anggang, Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut.

Hingga pukul 17.45 Wita, peristiwa karhutla melahap dua wilayah yang berjarak sekitar tiga kilometer. “Kita memutuskan memadamkan titik api yang lebih dekat permukiman penduduk,” kata Satgas Karhutla Manggala Agni Kabupaten Tanah Laut, Pamlan, seperti dikutip dari Antara pada Kamis (3/8/2023).

1. Titik api cukup banyak

Air Minim, Petugas Gunakan Detergen Padamkan Karhutla di KalselIlustrasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Pamlan menyebutkan petugas udara menerima informasi awal karhutla pada pukul 10.00 Wita dengan kondisi titik kebakaran cukup banyak, sehingga Satgas sempat mengalami kendala terkait wilayah utama yang harus dipadamkan. 

“Satgas karhutla silih berganti untuk menanggulangi kobaran api sejak pagi hari tadi,” ucapnya.

Dia menuturkan upaya pemadaman mendekati permukiman mengalami kendala keterbatasan titik air di lokasi kejadian. Sehingga tim memutuskan menggunakan detergen dicampur dengan air mempercepat pemadaman titik api yang meluas.

Baca Juga: Perumda Air Minum Penajam Beri Diskon Bagi Pelanggan, Cek Syaratnya!

2. Campuran detergen dan air

Air Minim, Petugas Gunakan Detergen Padamkan Karhutla di Kalselilustrasi detergen (pexels.com/shvetsa)

Menurut Pamlan, campuran detergen dan air mampu mendinginkan lahan sehingga keadaan panas api dapat berkurang secara cepat akibat kandungan zat kimia pada bubuk detergen tersebut.

Ia mengungkapkan kendala secara umum penangan karhutla antara lain akses jalan, sehingga petugas kesulitan menjangkau lokasi kejadian akibat peristiwa kebakaran berada di pedalaman yang cukup bahaya dilalui jalur darat.

3. Api berpotensi meluas

Air Minim, Petugas Gunakan Detergen Padamkan Karhutla di KalselIlustrasi Karhutla (Doc. BNPB)

Pamlan mengatakan pula lahan yang tidak dapat dijangkau berpotensi meluas hingga puluhan hektare, namun Manggala Agni selalu siap menjadi garda terdepan mengawasi dan menanggulangi karhutla dengan berbagai upaya.

Lebih lanjut, Manggala Agni melakukan koordinasi dengan lembaga terkait untuk pencegahan dan penanggulangan diantaranya BPBD, TNI dan Polri.

“Selama kami masih sanggup, kami terus lakukan pemadaman bahkan hingga malam hari,” ungkap Pamlan.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Mempermudah dalam Pengurusan Syarat Usaha

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya