Antisipasi El Nino, Pemkab Penajam Tambah Stok Pangan

Dampak kemarau ekstrem akibat fenomena El Nino

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), menambah persediaan pangan di daerah berjuluk Benuo Taka itu, Hal ini sebagai upaya mengantisipasi dampak kemarau ekstrem akibat fenomena El Nino.

Kepala Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Pasar Utara Mulyono mengatakan pihaknya mengambil langkah menjaga ketersediaan pangan, antara lain dengan menambah stok beras lebih kurang 6,5 ton untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Persediaan pangan saat ini ada 22 ton beras dan akan tambah 6,5 ton, jadi ketersediaan beras menjadi 28,5 ton beras," ujarnya seperti dikutip dari Antara pada Jumat (18/8/2023).

1. Hadapi kemarau ekstrem El Nino

Antisipasi El Nino, Pemkab Penajam Tambah Stok PanganIlustrasi kemarau. Tanah tambak mengering di Kecamatan Mangara Bombang, Takalar, Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2019) (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sebanyak 28,5 ton beras tersebut, lanjutnya, diperkirakan cukup untuk cadangan pangan bagi kebutuhan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara dalam menghadapi dampak El Nino. Itu bisa dimanfaatkan selama tiga hingga empat bulan.

"Kami juga melakukan sejumlah upaya untuk menghadapi kemarau ekstrem akibat El Nino," ujar Mulyono.

Baca Juga: Tim Gabungan Berhasil Padamkan Dua Titik Karhutla di Penajam

2. Kerja sama dengan daerah lain

Antisipasi El Nino, Pemkab Penajam Tambah Stok PanganIlustrasi beras Bulog. IDN Times/Hendra Simanjuntak

Pemkab Penajam Paser Utara, kata dia, juga bakal bekerja sama dengan pihak lain untuk memastikan kelancaran distribusi cadangan pangan. Kerja sama tersebut dilakukan dengan pemerintah kabupaten dan kota lainnya serta distributor, agar mempermudah penyaluran pangan ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

Para petani di Kabupaten Penajam Paser Utara juga diimbau untuk melakukan penanaman padi lebih cepat dan menanam beragam tanaman untuk kebutuhan pangan.

3. Percepatan penanaman padi

Antisipasi El Nino, Pemkab Penajam Tambah Stok PanganIlustrasi (Unsplash.com/Andhika Y. Wiguna)

Menurutnya, percepatan tanam padi dan penanaman aneka ragam tanaman pangan serta mitigasi keamanan pangan dengan tidak boros dapat mengantisipasi dampak El Nino.

Semua warga diharapkan bisa bersiap menghadapi dampak dari El Nino ini. Pemerintah daerah juga terus berupaya untuk menekan sejumlah dampak yang dapat merugikan masyarakat.

Baca Juga: Sambut IKN, ASDP Lakukan Pembenahan Pelabuhan Penajam

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya