Sambut IKN, ASDP Lakukan Pembenahan Pelabuhan Penajam

Tingkatkan pelayanan demi kenyamanan pelanggan

Penajam, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan pembenahan Pelabuhan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Ini sebagai upaya meningkatkan kenyamanan pengguna jasa. Selain itu juga untuk menyongsong kepindahan ibu kota negara Indonesia atau Ibu Kota Nusantara (IKN) pada sebagian wilayah di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

General Manager PT ASDP Cabang Balikpapan Cristoper Samosir mengatakan fasilitas dan area Pelabuhan Penajam akan dibenahi untuk meningkatkan kenyamanan pengguna kapal feri. Hal ini karena pelabuhan itu akan menjadi pintu gerbang Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia.

Akses jalan masuk dan keluar Pelabuhan Penajam akan ditambah. Tujuannya untuk kelancaran aktivitas bongkar muat kendaraan dan penumpang di pelabuhan.

1. Beli tiket pakai e-money

Sambut IKN, ASDP Lakukan Pembenahan Pelabuhan PenajamIlustrasi electronic money atau e-money untuk pembayaran tol (IDN Times/Vadhia Lidyana)

ASDP Pelabuhan Penajam memiliki daya tampung 80 unit kendaraan roda empat dan 350 unit kendaraan roda dua. Di sini juga telah menerapkan pembelian tiket elektronik (e-money).

Sejumlah fasilitas tersedia untuk mendukung kelancaran operasional di Pelabuhan Penajam. Antara lain dua dermaga, loket pembelian tiket kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua, serta pengisian kartu non tunai.

"Kami akan bangun jalan yang digunakan untuk keluar dari pelabuhan agar bongkar muat lancar, saat ini jalan masuk dan keluar masih satu jadi satu," katanya seperti dikutip dari Antara pada Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: Tim Gabungan Berhasil Padamkan Dua Titik Karhutla di Penajam

2. Belasan kapal beroperasi

Sambut IKN, ASDP Lakukan Pembenahan Pelabuhan PenajamCalon penumpang kapal kelotok di pelabuhan Penajam (IDN Times/Ervan Masbanjar)

ASDP Pelabuhan Penajam mengoperasikan 13 kapal feri. Rata-rata dalam satu hari 90-94 trip pelayaran dengan jumlah penumpang kapal berkisar 44 orang per hari, dan kendaraan roda dua, roda empat serta kendaraan besar sekitar 836 per hari.

PT ASDP membuat taman atau ruang terbuka hijau dalam kawasan Pelabuhan Penajam, dengan menanam sejumlah bibit pohon untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Penanaman pohon bertujuan menciptakan lingkungan yang sejuk dan asri, kata dia, serta merupakan salah satu perubahan lingkungan pelabuhan yang biasanya terkesan kurang ramah lingkungan.

3. Dukungan untuk Pemkab PPU

Sambut IKN, ASDP Lakukan Pembenahan Pelabuhan PenajamKesibukan para pendatang masuk ke PPU di Pos Pengetatan pelabuhan Penajam (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Penghijauan yang dilakukan dalam kawasan Pelabuhan Penajam itu, juga sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara untuk meraih Piala Adipura.

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bergerak di bidang pelabuhan layanan jasa penyeberangan kapal feri.

"Terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa," kata Cristoper Samosir.

Baca Juga: Gaji Perangkat Desa di Penajam Kini Dibayar Setiap Bulan

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya