BPBD PPU Siapkan Personel dan Peralatan untuk Antisipasi Karhutla

Personel dan peralatan siap diterjunkan

Penajam, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provisi Kalimantan Timur, menegaskan personel dan peralatan siap diterjunkan untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah itu. Pihaknya melakukan sejumlah antisipasi jika terjadi karhutla.

"Personel dan peralatan siap diterjunkan apabila muncul kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara Budi Santoso seperti dikutip dari Antara pada Selasa (27/6/2023).

1. Fasilitas dan perawatan siap

BPBD PPU Siapkan Personel dan Peralatan untuk Antisipasi KarhutlaIlustrasi penanganan karhutla (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara memastikan fasilitas dan peralatan, serta personel cukup memadai untuk melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan. Penanganan kebakaran hutan dan lahan, kata dia, juga berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan dan dukungan dari TNI dan Polri.

"Intensitas hujan mulai berkurang, dan di empat kecamatan kami nilai rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan," tambahnya.

Baca Juga: Berhasil Turunkan Emisi Karbon, PPU Dapat Insentif Sebesar Rp3 Miliar

2. Ada 128 titik rawan

BPBD PPU Siapkan Personel dan Peralatan untuk Antisipasi KarhutlaIlustrasi (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Sedikitnya 128 titik rawan kebakaran hutan dan lahan, terbanyak 78 titik di wilayah Kecamatan Penajam dan 50 titik lainnya tersebar di Kecamatan Waru, Babulu dan Sepaku. Kewaspadaan karhutla ditingkatkan, terutama pada lahan gambut, karena di lokasi lahan gambut akan cepat menyebar jika ada api, mengingat bagian bawah lahan gambut banyak biomassa kering.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), prakiraan musim kemarau terjadi pada akhir Juli 2023, puncak kemarau diprediksi pada Agustus hingga September 2023, demikian Budi Santoso.

3. Luas lahan

BPBD PPU Siapkan Personel dan Peralatan untuk Antisipasi KarhutlaKabupaten Penajam Paser Utara (Google Map)

Luas lahan gambut yang ada sekitar 1.400 hektare, umumnya berada di kawasan pesisir, terutama di Kecamatan Penajam yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahan.

Rinciannya, di Kelurahan Petung sekitar 700 hektare, Kelurahan Nenang sekitar 400 hektare, dan Desa Giripurwa sekitar 200 hektare.

Sisanya tersebar di kawasan lain, seperti di Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam dan Kecamatan Waru serta Kecamatan Babulu.

Baca Juga: Bupati PPU Ajak Warga untuk Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya