Pabrik Baterai dan Soda Ash akan Dibangun di Penajam

Dua investor sedang mengurus perizinan

Penajam, IDN Times - Sejumlah investor berminat tanamkan modal di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Saat ini sebagian tengah melakukan pegurusan perizinan.
 
Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa mengatakan bahwa sampai saat ini sudah ada dua investor (pemilik modal) di bidang industri yang menyatakan minat menanamkan modal (berinvestasi) di  Kabupaten Penajam Paser Utara. Mereka juga sudah menunjukkan keseriusan dengan mengurus semua perizinan sebelum melakukan investasi.

1. Akan bangun pabrik baterai dan soda ash

Pabrik Baterai dan Soda Ash akan Dibangun di PenajamWebsite Freepik.com

Kedua investor tersebut bakal membangun pabrik baterai dan pabrik soda ash (natrium karbonat/Na2Co3). Saat ini sedang melakukan pengurusan perizinan.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bakal mempermudah setiap pengurusan perizinan perusahaan yang berinvestasi di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Bentuk kemudahan yang diberikan jelas dia, adalah dengan mempercepat proses perizinan yang ada dalam kewenangan pemerintah kabupaten.

Baca Juga: Kejari Penajam Lakukan Pengawasan Pengadaan Tanah di IKN

2. Siapkan lahan seluas 9.000 hektare

Pabrik Baterai dan Soda Ash akan Dibangun di PenajamWikipedia/Arief Rahman Saan (Ezagren)

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan Kawasan Industri Buluminung atau KIB di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam untuk pengusaha yang akan menanamkan modal di bidang industri.
 
Kawasan Industri Buluminung milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berada di atas lahan sekitar 70 hektare, termasuk Pelabuhan Benuo Taka.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam saat ini menyiapkan lahan sekitar 9.000 hektare di kawasan industri tersebut, dan berencana membebaskan lahan guna memperluas kawasan industri sehingga memudahkan investor melakukan pengembangan.

3. Pemda siap sambut investor

Pabrik Baterai dan Soda Ash akan Dibangun di PenajamGoogle

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga sedang menyusun RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) KIB, karena dengan pemindahan IKN Indonesia tersebut dipastikan bakal banyak investor yang akan berinvestasi di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyatakan siap menyambut pengusaha yang hendak berinvestasi.
 
"Kami siap sambut investor karena dapat tingkatkan PAD (pendapatan asli daerah) dari investasi yang masuk," ujar Hamdam Pongrewa.

Baca Juga: Pengesahan APBD Kaltim Tahun 2023 Dijadwalkan Akhir November

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya