Penyaluran Beras CPP di Samarinda Sudah Mencapai 90 Persen 

Jumlahnya sebanyak 242,31 ton

Samarinda, IDN Times - Penyaluran beras Program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk warga yang berhak menerima di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, oleh Bulog setempat hingga Jumat (7/4/2023) sudah mencapai 242,31 ton. Jumlah itu merupakan 90 persen dari beras yang siap disalurkan.

"Sampai dengan hari ini, penyaluran CPP Bantuan Pangan 2023 untuk Kota Samarinda sudah mencapai 90 persen dari total 269,24 ton beras per bulan," ujar Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Samarinda Maradona Singal seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (8/4/2023).

Saat ini Bulog Samarinda mendapat tugas menyalurkan sebanyak 826,15 ton beras per bulan dari Program CPP Bantuan Pangan untuk enam kabupaten/kota, salah satunya adalah untuk Kota Samarinda sebanyak 269,24 ton.

1. Verifikasi data calon penerima

Penyaluran Beras CPP di Samarinda Sudah Mencapai 90 Persen ilustrasi berkas-berkas (Unsplash.com/Cytonn Photography)

Ia meyakini dalam beberapa hari ke depan penyaluran beras di Samarinda yang kurang 10 persen tersebut akan tuntas. Sedangkan untuk lima daerah lainnya saat ini belum bisa dilakukan masih dalam tahap verifikasi data calon penerima, yakni verifikasi yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota masing-masing.

Penyaluran beras CPP di Samarinda dimulai pada Senin, 3 April 2023 untuk warga di Kecamatan Samarinda Seberang, dilanjutkan ke sembilan kecamatan lainnya yang diupayakan tuntas dalam beberapa hari ke depan, karena data penerima sudah diversifikasi semua.

Baca Juga: Fesyen Lokal Balikpapan Siap Bersaing, Ecoprint hingga Rajut

2. Hindari inflasi

Penyaluran Beras CPP di Samarinda Sudah Mencapai 90 Persen pinterest

Penyaluran beras dalam Program CPP ini dilakukan setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak wali kota/bupati maupun pihak terkait di enam daerah, yakni Samarinda, Bontang, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu.

Penyaluran bantuan dilakukan juga untuk menjaga jangan sampai terjadi inflasi lebih tinggi, karena saat ini harga beras mulai naik, seperti harga beras premium eceran di Samarinda yang biasanya di kisaran Rp12 ribu per kg, kini naik di kisaran Rp14 ribu per kg.

Sedangkan rincian keluarga penerima manfaat (KPM) di enam kabupaten/kota tersebut adalah Samarinda sebanyak 26.924 KPM, masing-masing KPM menerima 10 kilogram (kg) sehingga beras yang disalurkan sebanyak 269,24 ton.

3. Jumlah KPM di beberapa daerah

Penyaluran Beras CPP di Samarinda Sudah Mencapai 90 Persen tips menghilangkan kutu beras (vecteezy.com/Nai Sukanant)

Kemudian untuk Kota Bontang terdapat 5.674 KPM calon penerima atau sebanyak 56,74 ton beras per bulan, untuk Kabupaten Kutai Kartanegara tercatat ada 25.853 KPM atau beras sebanyak 258,53 ton.

"Di Kabupaten Mahakam Ulu terdata 1.353 KPM atau beras yang akan disalurkan sebanyak 13,53 ton, Kabupaten Kutai Barat terdata 7.192 KPM atau sebanyak 71,92 ton, Kebutuhan Kutai Timur sebanyak 15.619 KPM dengan beras yang akan disalurkan sebanyak 156,19 ton," kata Maradona.

Baca Juga: Polresta Samarinda Berperan Aktif dalam Pengendalian Inflasi

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya