8 Lapangan TC Timnas PSSI akan Dibangun di IKN Nusantara 

Presiden Jokowi meninjau lokasi bersama Ketua PSSI

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah menyiapkan 8 lokasi yang akan menjadi lapangan training centre (TC) tim nasional PSSI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau langsung lokasi TC latihan timnas ini bersama Ketua PSSI Erick Thohir yang berada di Sepaku Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2023). 

"Ini lokasi training centre untuk PSSI, untuk timnas, untuk sepakbola," kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/2/2023). 

Rombongan Presiden meninjau langsung lokasi TC ini bersama Ketua PSSI dan Exco. 

1. Pembangunan 8 lokasi TC Timnas Indonesia

8 Lapangan TC Timnas PSSI akan Dibangun di IKN Nusantara Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau langsung lokasi TC latihan timnas ini bersama Ketua PSSI Erick Thohir, Jumat (24/2/2023). Akun YouTube Sekretariat Presiden

Jokowi menyebutkan, pembangunan 8 lokasi TC timnas Indonesia ini seluruhnya dibiayai FIFA. Menurutnya, pembangunan TC menunjukkan tingginya kepercayaan dunia internasional akan keseriusan Indonesia dalam membangun IKN Nusantara. 

Pembangunan 8 TC ini akan dilakukan segera diperkirakan memakan waktu satu tahun ke depan. 

"Segera  untuk training centre sepakbolanya PSSI, tidak lebih dari 1 tahun. Seluruhnya dibiayai FIFA, menunjukkan kepercayaan dunia internasional," paparnya. 

Baca Juga: Jokowi Sindir Penerbitan Izin Investasi  yang Bisa selama 260 Hari 

2. Ketua PSSI memberikan apresiasi atas kepedulian pemerintah

8 Lapangan TC Timnas PSSI akan Dibangun di IKN Nusantara Ketua PSSI Erick Thohir bersama Exco di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat (24/2/2023). Akun YouTube Sekretariat Presiden

Ketua PSSI Erick Thohir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi atas kepedulian pemerintah dalam menyiapkan lokasi TC bagi kemajuan timnas Indonesia. Ia memastikan, pembangunan 8 lapangan TC ini secepatnya dilakukan mengingat alokasi anggaran sudah dipersiapkan FIFA. 

"Pembangunannya segera, anggarannya sudah ada dari FIFA," tegas Erick. 

Dalam prosesnya, Erick pun berencana mengajak Pelatih Kepala Timnas PSSI Shin Tae-yong untuk meninjau lokasi pembangunan TC pemain ini. Setidaknya untuk memberikan masukan tentang pembangunan TC yang ideal bagi timnas Indonesia. 

"Nanti Coach Shin Tae-yong kalau perlu juga akan kami ajak ke sini," tuturnya. 

3. Pemerintah akan audit 22 stadion dengan risiko tinggi

https://www.youtube.com/embed/7luQQjAfZa0

Lebih lanjut, Jokowi pun mengungkapkan hasil audit dan evaluasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada 22 stadion jelang pagelaran turnamen Piala Dunia U20 di Indonesia dianggap memiliki risiko tinggi. Stadion yang masing-masing memiliki kapasitas tampung 20 ribu penonton. 

Hasilnya adalah, 5 stadion rusak berat, 4 stadion perlu rehabilitasi, 1 stadion dibongkar, 13 stadion rusak sedang, 4 stadion rusak ringan. Pemerintah akan merenovasi sejumlah stadion yang dianggap memerlukan perbaikan. 

Sedangkan khusus untuk Stadion Kanjuruhan Malang, Jokowi menyebutkan penanganannya masih dalam proses redesain untuk rehabilitasi total. 

Baca Juga: Honorer Diminta Tenang, Jokowi Sedang Merumuskan Penyelesaian

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya