Alokasi Awal Pembangunan IKN Nusantara Sebesar Rp46 Triliun

Ketua DPR RI meninjau langsung kondisi IKN

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Mendagri Tito Karnavian, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke kawasan ibu kota negara (IKN).

"Pertama kita berterima kasih kepada Ketua DPR, Panglima TNI, Mendagri dan Menteri PUPR yang kembali berkenan datang ke IKN," kata Wakil Gubernur Hadi Mulyadi di Menara Pandang Bukit Soedarmono Sektor Terunen PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Rabu (16/2/2022).

1. Informasi soal alokasi anggaran

Alokasi Awal Pembangunan IKN Nusantara Sebesar Rp46 TriliunProses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang mulai berjalan, Rabu (16/2/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kunjungan ini, Hadi memperoleh informasi soal rencana awal pembangunan IKN Nusantara. Seperti disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di mana pemerintah pusat disebut menyiapkan Rp46 triliun untuk pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN.

"Alhamdulillah, tahun ini untuk infrastruktur awal sudah dianggarkan Rp46 triliun. Insya Allah tahun-tahun berikutnya akan dianggarkan lagi secara bertahap," katanya. 

Hadi menilai setelah ditetapkannya UU IKN, progres pembangunannya terus bergerak positif. Karena itu, rencana pembangunan IKN ini harus mendapat dukungan masyarakat Kaltim.

Baca Juga: Tinjau Titik Nol IKN, Puan akan Kawal Pembangunan Nusantara

2. Pesan-pesan para pimpinan negara

Alokasi Awal Pembangunan IKN Nusantara Sebesar Rp46 TriliunRombongan Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau lokasi Ibu Kota Negara Nusantara di Penajam Paser Utara, Rabu (16/2/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dukungan lanjut Hadi, seharusnya juga diberikan oleh seluruh warga Indonesia mengingat keseriusan Pemerintahan Presiden Joko Widodo mewujudkan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim.

Hadi menegaskan, IKN bukan hanya bermanfaat untuk Kaltim, tapi Indonesia secara luas. Pemindahan IKN, bukan hanya soal pindah ibu kota, tapi pemerataan pembangunan dari Jawa sentris menuju Indonesia sentris.

Wagub juga mencatat pesan penting yang disampaikan Ketua DPR Puan Maharani bahwa pemindahan IKN harus dilakukan secara bersama, tidak bisa hanya oleh pemerintah.

Pesan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga menjadi catatan penting Wagub Hadi Mulyadi.

"Panglima TNI tadi mengatakan akan membangun Kodam khusus di IKN," tambah Hadi.

3. Perumusan Peraturan Pemerintah tentang IKN Nusantara

Alokasi Awal Pembangunan IKN Nusantara Sebesar Rp46 TriliunMendagri Tito Karnavian (Dokumen Kemendagri)

Sedangkan Mendagri Tito Karnavian akan fokus dengan Peraturan Presiden (PP) untuk menindaklanjuti Undang-Undang IKN Nusantara. Dalam banyak kesempatan, ia menargetkan menuntaskan perumuskan PP tersebut agar secepatnya bisa diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. 
.
Kunjungan Ketua DPR Puan Maharani dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa diakhiri dengan meninjau progres Bendungan Sepaku Semoi dan langsung take off menggunakan helikopter menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan untuk kembali ke Jakarta. 

Baca Juga: Pemprov Kaltim Uji Materi soal Pulau Balak Balakan ke MA? 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya