Australia Tawarkan Pembangunan Infrastruktur Ramah Lingkungan di IKN

Konsul Jenderal Australia menemui Gubernur Kaltim

Samarinda, IDN Times - Konsul Jenderal Australia di Makassar Bronwyn Robbins melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Kalimantan Timur (Kaltim) pada 4-7 Juli 2022. Salah satu agendanya adalah bertemu Gubernur Kaltim Isran Noor dilaksanakan di ruang pertemuan lantai 9 Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (5/7/2022).

Dalam pertemuan yang berlangsung santai dan akrab itu, Konsul Jenderal Bronwyn Robbins menyampaikan keinginan Pemerintah Australia di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese untuk lebih mengeratkan lagi kerja sama Kaltim dan Australia.

"Australia dan Kalimantan Timur telah memiliki hubungan bisnis dan masyarakat yang kuat selama bertahun-tahun. Kami berharap dapat memperdalam hubungan kita lebih erat lagi," buka Bronwyn Robbins dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Tawarkan kontribusi dalam pembangunan IKN

Dia juga menawarkan kesiapan Australia untuk ikut serta dalam proses pembangunan IKN di Sepaku Kaltim dengan infrastruktur ramah lingkungan. Australia juga siap menawarkan program antisipasi perubahan iklim (climate change).

Konsul Jenderal Robbins juga menegaskan potensi untuk melanjutkan peluang kerja sama di bawah Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) dan program kerja sama ekonominya.

"Kita akan merevitalisasi hubungan perdagangan dan investasi kita demi meningkatkan perekonomian Australia dan Indonesia," jelas Robbins. Konsul Jenderal Robbins juga siap membantu memfasilitasi pengusaha Kaltim dan Australia untuk meningkatkan perdagangan kedua negara.

Baca Juga: PLN Laporkan ke Gubernur Kaltim tentang Situasi Black Out Listrik

2. Kaltim membuka peluang kerja sama semua pihak

Australia Tawarkan Pembangunan Infrastruktur Ramah Lingkungan di IKNPresiden Joko Widodo dalam prosesi Kendi Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto Biro Pers, Media Kepresidenan

Gubernur Kaltim H Isran Noor menyambut baik keinginan Pemerintah Australia untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN hijau berkelanjutan dan peningkatan perdagangan Kaltim dan Australia.

"Kami sangat senang, setuju berat dan terpenting sama-sama untung. Walaupun saya tahu, Australia pasti untung banyak. Tapi lebih penting lagi, ada tindak lanjut setelah pertemuan ini," tegas Gubernur Isran.

Soal IKN hijau, Gubernur Isran menegaskan ibu kota baru itu akan menjadi satu-satunya di dunia dan belum ada di Australia. "Kedubes Australia nanti juga akan pindah ke IKN. Kita siapkan areal lebih luas dan hijau di sana. Saya doakan Konsul Robbins nanti yang jadi Dubes Australia," canda Isran.

3. Nilai ekspor Kaltim ke Australia

Australia Tawarkan Pembangunan Infrastruktur Ramah Lingkungan di IKNPetugas mengawasi aktivitas bongkar muat peti kemas saat pelepasan ekspor komoditas pertanian serentak di Pelabuhan Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/8/2021). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Ekspor Kaltim ke Australia antara lain kayu, alat berat, urea dan amonia. Periode Januari hingga Mei 2022 total ekspor Kaltim ke Australia bernilai 23,9 juta USD.

Saat pertemuan itu, Gubernur Isran Noor didampingi Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi, Kepala Dinas PUPR Pera Kaltim Aji Muhammad Fitra Finanda, Karo Adbang Hj Lisa Hasliana dan Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Kaltim Ali Wardana. 

Baca Juga: Pelabuhan Samarinda Kapalkan Ekspor Nonmigas 3,28 Miliar Dolar AS

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya