Badan Otorita akan Bertemu dengan Pelaku Usaha di Kaltim

Sosialisasi tata kelola IKN Nusantara

Samarinda, IDN Times - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengagendakan pertemuan dengan para pelaku usaha di Kalimantan Timur (Kaltim). Tujuan pertemuan ini guna membahas tata kelola proses pelaksanaan pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Agenda ini diselenggarakan sebagai sarana diskusi dan sosialisasi tentang tata kelola IKN yang menjadi acuan bagi pembangunan dan penataan wilayah," kata Koordinator Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Pramono di Samarinda diberitakan Antara, Minggu (14/8/2022). 

1. Kesepahaman di antara pemerintah dan dunia usaha

Badan Otorita akan Bertemu dengan Pelaku Usaha di KaltimBambang Susantono (ANTARA News/Arina S.)

Sidik menjelaskan kegiatan tersebut dijadwalkan dilaksanakan pada Senin 15 Januari 2022. Dihadiri langsung oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Sidik menambahkan sejumlah pejabat juga dijadwalkan hadir di antaranya Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim.

Menurut Sidik, melalui kegiatan ini diharapkan terbentuk pemahaman antara pemerintah dan pengusaha terkait proses pembangunan di IKN.

Baca Juga: Polresta Samarinda Sita Puluhan Butir Pil Ekstasi dari Pengedar Lokal

2. Kontribusi dunia usaha di IKN

Badan Otorita akan Bertemu dengan Pelaku Usaha di KaltimSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Pihak Otorita IKN mengharapkan, dunia usaha bisa ikut berkontribusi dalam mengawal perkembangan IKN dari waktu ke waktu. Sehingga semua proses yang berlangsung sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. 

Selain itu, juga akan dilakukan pengawasan atas pelaksanaan pembangunan di lapangan untuk memastikan tidak melanggar dengan ketentuan yang berlaku.

3. Sinergi dalam pembangunan IKN

Badan Otorita akan Bertemu dengan Pelaku Usaha di KaltimPresiden Joko Widodo dalam prosesi Kendi Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto Biro Pers, Media Kepresidenan

Sidik menambahkan, Otorita IKN menargetkan adanya sinergi untuk mendukung kelancaran proses pembangunan di IKN dan adanya transparansi dalam seluruh proses pembangunan.

"Oleh sebab itu perlu adanya keterlibatan masyarakat untuk memastikan tidak adanya penyalahgunaan hak atas tanah dan kawasan di IKN dalam proses pembangunan Ibu Kota Nusantara," lanjutnya.

Baca Juga: Lapas Narkotika Samarinda Usulkan 1.036 Warga Binaan Dapat Remisi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya