Banjir yang Terjadi di 33 Ruas Jalan Samarinda 

BPBD Samarinda memantau penanganan banjir

Samarinda, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda di Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini sedang memantau dan melakukan upaya penanganan banjir di 33 ruas jalan di kota yang berjuluk kota tepian. Lokasinya yang terdampak dari hujan berintensitas sedang-lebat, tercatat info terkini pada Senin (1/5) pukul 19.10 Wita.

“Sementara ini ada 33 ruas jalan di Samarinda yang tercatat banjir dengan debit air antara 10-35 sentimeter, saat ini kami  terus pantau bersama petugas di lapangan, dan monitor dari para lurah yang langsung di laporkan ke kami,” terang Kepada BPBD Samarinda Suwarso dilaporkan Antara di Samarinda, Senin (1/5/2023).

1. Banjir merata di semua kecamatan Samarinda

Banjir yang Terjadi di 33 Ruas Jalan Samarinda Ilustrasi banjir. Foto banjir

Ia mengamati banjir tersebut hampir merata di semua kecamatan, namun yang terparah berada di wilayah Kecamatan Samarinda Ulu dan juga Sungai  Kunjang, serta Samarinda Kota.

Lanjutnya, untuk wilayah Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, saat ini dari pantauan petugas, tidak begitu mengkhawatirkan, dan berharap tidak ada dampak yang serius.

“Untuk wilayah Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Alhamdulillah saya pantau dari laporan Lurah bahwa hanya terjadi guntur saja dan hujan sudah mulai reda,” ucap Suwarso.

Dia meneruskan arahan dari Wali Kota Samarinda, untuk senantiasa berkoordinasi antar perangkat daerah terkait, di antaranya Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR), BPBD, dan Satpol PP, agar segera bergerak membantu masyarakat, terutama daerah kebanjiran, seperti Jalan Mugirejo dan Jalan Damanhuri dekat Terminal bus Arafat dalam.

Baca Juga: Polresta Samarinda Jatuhkan Sanksi kepada LPK Ajari Bocah Setir Mobil

2. Warga diminta jangan melintas

Banjir yang Terjadi di 33 Ruas Jalan Samarinda Ilustrasi banjir. Foto banjir

Diimbau kepada warga Samarinda agar bertahan dulu jangan melintas jalan, karena bisa mengakibatkan kemacetan, selain itu akan berdampak pada rusaknya mesin kendaraan.

“Terutama saya lihat di daerah Jalan Flamboyan Kecamatan Sungai Kunjang yang arusnya cukup deras,  kemudian menyeru agar barang penting mesti dinaikkan, apalagi barang elektronik harus cepat diamankan,” seru Suwarso.

Berdasarkan informasi sampai 19.18  Wita, katanya, sampai kini belum ada longsor dan pohon tumbang. Yang terjadi masih genangan dan arus deras termasuk di Stadion Palaran.

“Saya tak menyangka sedalam itu, dan Ini kan belum bisa monitor langsung, termasuk situasi arus deras dan akses, beberapa waktu ini akan kita update lagi,” imbuhnya.

3. Personel diturunkan dan mengumpulkan data

Banjir yang Terjadi di 33 Ruas Jalan Samarinda Tim SAR gabungan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di perumahan Ciledug Indah 1, Tangerang, Banten. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Beberapa personel sudah diturunkan dan sedang mengumpulkan data yang dibutuhkan masyarakat. Apalagi ini kan arus balik harus segera disampaikan supaya lebih waspada biar bisa mencari alternatif lain. Sampai saat ini kendala belum ada pengatur lalu lintas di jalanan.

“Mudahan tidak ada korban, rumah yang terdampak, yang punya motor dan barang rumah tangga yang mengapung agar diamankan. Lebih baik di rumah dulu monitor sambil mengamankan barang, lalu yang melintas supaya menepi, ketimbang berkendara saat banjir, itu berisiko,” harap Suwarso.

Ia menyampaikan, jika ada yang perlu bantuan terkait dampak banjir, mohon hubungi Call Center Pusdalops-PB BPBD Kota Samarinda,  nomor telepon yakni 0541-2089-891 dan bisa juga melalui WhatsApp dengan nomor 0811-5537-007.

4. Lokasi terpantau banjir di Samarinda

Banjir yang Terjadi di 33 Ruas Jalan Samarinda Warga memindahkan barang berharga dari genangan banjir di Desa Pasi Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Minggu (17/11/2019). Tingginya intensitas hujan sejak sepekan terakhir menyebabkan ratusan rumah warga dan ratusan hektar perkebunan di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Tengah, Bireun, Aceh Barat, dan Kota Langsa terendam banjir dengan ketinggian 20 sampai 130 cm. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/pd.

Ada pun 33 lokasi yang Terpantau tergenang banjir di Kota Samarinda sebagai berikut:

  1. Simpang Pasundan
  2. Flyover Juanda
  3. Jalan Ekonomi Kel. Loa Buah
  4. Jalan D.I. Panjaitan (Simpang Alaya)
  5. Jalan Damai
  6. Jalan Awang Long
  7. Jalan Flamboyan
  8. Jalan Jakarta ( Ring Road Dekat Simpang )
  9. Jalan M. Said
  10. Jalan Kapten Soedjono
  11. Jalan Damanhuri
  12. Kompleks Stadion Palaran
  13. Jalan P. Suryanata
  14. Jalan Jenderal Sudirman
  15. Jalan K.S. Tubun
  16. Jalan Untung Suropati
  17. Jalan Slamet Riyadi
  18. Jalan Muhajidin
  19. Jalan Adam Malik
  20. Jalan Cipto Mangunkusumo
  21. Jalan Harun Nafsi
  22. Jalan Sejati
  23. Jalan Trikora
  24. Jalan Rapak Indah
  25. Jalan Rapat Dalam
  26. Jalan Cendana
  27. Jalan Tengkawang
  28. Jalan Basuki rahmat
  29. Jalan Abul Hasan
  30. Jalan Diponegoro
  31. Jalan Merbabu
  32. Jalan Katamso
  33. Jalan Saman hudi

Baca Juga: Penumpang Arus Balik di Rute Samarinda-Banjarmasin Mulai Menurun 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya