Bendungan di IKN yang Dipersiapkan sebagai Destinasi Wisata

Memenuhi kebutuhan masyarakat Nusantara

Penajam, IDN Times - Bendungan Sepaku Semoi sebagai infrastruktur pendukung Ibukota Nusantara, selain untuk menampung air dalam jumlah besar, juga bakal dilengkapi kawasan wisata yang terbuka untuk umum.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi itu untuk mencukupi kebutuhan air bersih dan bermanfaat sebagai pengendali banjir di Kota Nusantara, bakal Ibu Kota baru Indonesia.

Dilaporkan Antara, sampai saat ini pengerjaan pembangunan konstruksi atau tubuh bendungan masih terus dilakukan. Ditargetkan pengisian Bendungan Sepaku Semoi pada Agustus 2023.

1. Peresmian bendungan di Nusantara pada Oktober 2023

Bendungan di IKN yang Dipersiapkan sebagai Destinasi WisataFoto udara pengerjaan proyek Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10/2022). FOTO/Rivan Awal Lingga/aww

Bendungan Kota Nusantara yang mulai dibangun pada 2021 tersebut direncanakan diresmikan pada Oktober 2023.

Saat ini pengerjaan yang masih tersisa terus dilakukan, ujar Kepala Satuan Tugas Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Zulaidi. Progres pembangunan bendungan secara keseluruhan mencapai 92,7 persen.

Bendungan Sepaku Semoi dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kecamatan Sepaku, tersebut terkendala cuaca ekstrem.

"Hujan, kalau pagi kabut tebal, serta perubahan iklim membuat air tinggi sehingga pengerjaan penimbunan tidak bisa maksimal," ujarnya diberitakan Antara. 

Baca Juga: Uang Haram Eks Bupati Penajam Diduga Mengalir ke Musda Demokrat Kaltim

2. Penyelesaian pembangunan bendungan pada Agustus 2023

Bendungan di IKN yang Dipersiapkan sebagai Destinasi WisataBendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Negara Nusantara. Screenshoot akun YouTube KemenPUPR

Meski ada kendala, pihaknya menargetkan pada Agustus 2023 rampung, kemudian dilanjutkan dengan pengisian bendungan.

Setelah bendungan terisi air, Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan peresmian infrastruktur pendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) itu pada Oktober 2023.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kecamatan Sepaku tersebut ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan menelan biaya lebih kurang Rp556 miliar.

Wilayah Kecamatan Sepaku yang masuk dalam proyek pembangunan untuk konstruksi bendungan meliputi Desa Tengin Baru dan Sukomulyo. Kemudian wilayah Desa Argomulyo terkena proyek pembangunan untuk areal genangan bendungan.

3. Luas Bendungan Sepaku Semoi

Bendungan di IKN yang Dipersiapkan sebagai Destinasi WisataMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono kunjungi kesiapan Bendung Sepaku Semoi di lokasi IKN (IDN Times/Istimewa)

Luas Bendungan Sepaku Semoi mencapai 378 hektare yang terbagi untuk konstruksi atau badan bendungan 10 hektare dan 280 hektare genangan serta 88 hektare untuk fasilitas penunjang dan taman (landscape).

Bendungan penunjang penyediaan air bersih IKN itu diproyeksikan memiliki daya tampung sekitar 10 juta meter kubik dengan debit air Sungai Tengin Baru sekira 2.400 liter per detik.

Bendungan Sepaku Semoi juga bakal dijadikan daerah pariwisata waduk dan konversi Daerah Aliran Sungai Tengin Baru di Kecamatan Sepaku.

Fungsi utama bendungan adalah untuk area khusus, tetapi di area Bendungan Sepaku Semoi dibuatkan kawasan tertentu untuk umum yang dapat menjadi kunjungan wisata.

4. Kawasan bersifat umum di area bendungan

Bendungan di IKN yang Dipersiapkan sebagai Destinasi WisataMenteri PPN saat meninjau lokasi bendungan Sepaku-Semoi, Kamis (23/4/2021). (IDN Times/Ervan)

Kawasan bersifat umum yang dibuat di area bendungan, di antaranya pintu gerbang utama, kawasan pohon kehidupan, serta aviari (bangunan kandang berukuran besar), dan lainnya.

Kandang berukuran besar tersebut bakal dihuni sejumlah fauna endemik atau hewan yang hidup di Kalimantan Timur, seperti burung enggang dan bekantan.

Kemudian sekitar 30 persen dari 378 hektare luas areal Bendungan Sepaku Semoi dijadikan ruang terbuka hijau dengan ditanami pohon peneduh dan pohon produktif (buah-buahan).

Pohon peneduh yang bakal ditanam, seperti trembesi, bambu, dan lainnya, sedangkan pohon buah-buahan di antaranya nangka, cempedak, alpukat, rambutan, serta durian.

Dua kawasan bersifat umum di areal bendungan itu bisa dijadikan untuk dikunjungi  wisatawan.

5. Pembangunan intake di Kecamatan Sepaku

Bendungan di IKN yang Dipersiapkan sebagai Destinasi WisataPeta Penlok Bendungan Sepaku Semoi (IDN Times/istimewa)

Pembangunan pengambil air (intake) di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, sebagai penunjang pasokan air bersih IKN telah rampung pengerjaan pada April 2023.

Pembangunan intake itu memanfaatkan Sungai Sepaku dengan menelan dana lebih kurang Rp344 miliar dan memiliki debit 3.000 liter per detik.

"Pengerjaan pembangunan pengambil air guna memenuhi kebutuhan air bersih IKN sudah selesai, tinggal penataan taman," jelas Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko.

Air baku di Ibu Kota itu salah satunya dipasok dari Sungai Sepaku, yang didesain bisa diminum langsung dari keran.

Instalasi air baku untuk menghasilkan air yang dapat langsung diminum dari keran, juga dibangun sebagai pendukung intake Sungai Sepaku.

Baca Juga: Dibakar Api Cemburu Warga Penajam Bacok Suami Mantan Istri

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya