BUMDes di Tabalong Terkendala Ketersediaan SDM

Pembentukan BUMDes di 121 desa di Tabalong

Tanjung, IDN Times - Program pembentukan badan usaha milik desa (BUMDes) di 121 desa di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan (Kalsel) terkendala ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Keberadaan desa di Tabalong yang belum memiliki BUMDes

Bahkan dari total 95 Bumdes yang terbentuk sebanyak 48 badan usaha milik desa tidak aktif lagi karena kurangnya kemampuan para pengelolanya.

"Secara bertahap kita mengirim para pengelola Bumdes mengikuti pelathan administrasi baik di kabupaten maupun Kota Banjarmasin," jelas Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Kabupaten Tabalong Yenny Septiani dilaporkan Antara di Tabalong, Senin (10/7/2023). 

1. Pemkab Tabalong melaksanakan program mendirikan BUMDes

BUMDes di Tabalong Terkendala Ketersediaan SDMIlustrasi BUMDes Swalayan "Mulia Mandiri" di Desa Campurdarat. (IDN Times/Ihsan Sekti H)

Padahal sejak 2017 Pemkab Tabalong telah melaksanakan program mendirikan BUMDes Mart di 121 desa yang ada di 'Bumi Saraba Kawa' namun hingga kini banyak Bumdes yang mati suri bahkan puluhan desa belum membentuknya.

Yenny mengatakan pada April 2023 sebanyak 26 pengelola Bumdes telah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Kota Banjarmasin.

Baca Juga: 1.200 Hektare Kebun Karet di Tabalong Terserang Penyakit Gugur Daun 

2. Percontohan Bersinar Mart Berbasis Desa

BUMDes di Tabalong Terkendala Ketersediaan SDMMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar memukul kentongan sebagai tanda peresmian PT Pasar Desa Indonesia berbasis Bumdes di Desa Guwosari Bantul, DIY. ANTARA/Hery Sidik

Rencana pelatihan lanjutan kita laksanakan di Kabupaten Tabalong untuk memperkuat pengelolaan Bumdes.

Sebelumnya sembilan desa menjadi percontohan Bersinar Mart Berbasis Desa (sebelumnya Bumdes Mart) tersebar di wilayah tengah, Utara dan Selatan Kabupaten Tabalong. Untuk wilayah utara yakni Desa Muang, Desa Lano dan Desa Solan Kecamatan Jaro.

3. Lokasi BUMDes yang aktif di Desa Padang Panjang

BUMDes di Tabalong Terkendala Ketersediaan SDMMenteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar di Bazaar Hari BUMDes di Bintan, Kepulauan Riau (IDN Times/Aryodamar)

Wilayah Tengah di Desa Kasiau dan Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak dan wilayah Selatan di Desa Karangan Putih, Desa Telaga Itar Kecamatan Kelua dan Desa Halangan Kecamatan Pugaan.

Sementara itu dari 47 Bumdes yang aktif salah satu Bumdes dari Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta meraih predikat terbaik tingkat Provinsi Kalsel 2022.

Baca Juga: Penjual Sayur di Tabalong Nekat Tambah Penghasilan dengan Jualan Sabu 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya