Gubernur Kaltim Melantik Sri Wahyuni sebagai Sekretaris Daerah 

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor melantik Sri Wahyuni sebagai Sekretaris Daerah Pemprov Kaltim yang baru. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI atas pengangkatan mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim. 

"Sekda adalah tonggak tertinggi jabatan di pemerintahan daerah. Perannya sangat strategis dalam menyukseskan roda pemerintahan dan pembangunan daerah," katanya dalam upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim di akun Instagram Pemprov Kaltim, Rabu 30 Maret 2022.

1. Posisi jabatan strategis

Menurut Isran, posisi jabatan seorang sekretaris daerah merupakan tonggak dalam roda pemerintahan, terutama pemerintah daerah.

Diakui orang nomor satu Benua Etam ini bahwa tidak sedikit tantangan dan masalah yang terjadi dalam menjalankan roda pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat.

"Tapi perlu diselesaikan. Banyak cara, banyak strategi, banyak taktik, sekalian banyak ilmu yang diperlukan dalam mengemban tugas sebagai sekretaris daerah," harapnya.

Baca Juga: Polisi Gadungan Peras Pengguna Narkoba di Samarinda 

2. Pentingnya komunikasi dalam menjalankan tugas

Namun demikian, Isran tidak menampik setiap orang pastilah memiliki kekurangan dan kelebihan.

"Itu sosok sempurnanya seorang manusia," ujarnya.

Lebih lanjut, Isran meminta sekda baru agar membangun komunikasi yang baik dan harmonis di jajaran perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim juga lembaga legislatif (DPRD) serta instansi vertikal/kementerian/lembaga.

"Itulah cara kita menutupi kekurangan dan ketidaktahuan dengan kelebihan orang lain. Komunikasi, itu saja," sambungnya.

3. Dukungan dari seluruh pihak kepada pejabat dilantik

Akhir kata, Gubernur Kaltim meminta seluruh perangkat daerah mendukung penuh kerja sekda dalam pelaksanaan roda pemerintahan dan menyukseskan program pembangunan.

"Jangan lagi berpikiran kamu siapa, kamu taunya apa, atau apa kah. Sekda pokoknya, ya pokoknya lah. Ini kerja kita semua," pesannya.

Upacara pelantikan secara hybrid dihadiri jajaran Forkopimda Kaltim, para asisten, kepala biro dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, mantan Sekda/Pj Sekda (HM Sa'bani dan Dr Hj Meiliana). 

Baca Juga: Kaltim Kembali Tekankan, Seribu Persen Siap Mendukung IKN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya