Gubernur Kaltim Mengajak Masyarakat Tingkatkan SDM untuk Sambut IKN

SDM Kaltim berperan dalam pembangunan nasional

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengajak para tokoh dan pemuka masyarakat yang tergabung dalam Ikatan Alumni Pelajar dan Mahasiswa provinsi itu untuk ikut berperan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal yang punya daya saing dan berintegritas.

"Jika selama ini Kalimantan Timur (Kaltim) hanya berkontribusi besar untuk pembangunan bangsa dan negara melalui sumber daya alam (SDA), ke depan dengan momentum IKN sudah seharusnya SDM Kaltim juga punya peran yang sama untuk bangsa dan negara," kata Isran Noor usai terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Keluarga Pelajar Mahasiswa Kalimantan Timur (IA KPMKT) pada Mubes yang berlangsung di Rumah Ulin Arya, Samarinda diberitakan Antara, Sabtu (27/5/2023).

1. Isran Noor terpilih secara aklamasi

Gubernur Kaltim Mengajak Masyarakat Tingkatkan SDM untuk Sambut IKNPresiden Joko Widodo dalam prosesi Kendi Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto Biro Pers, Media Kepresidenan

Isran Noor terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum pada Musyawarah Besar ke-4 IA KPMKT, menggantikan Profesor Abdul Rahim yang sudah satu periode memimpin organisasi alumni pelajar tersebut.

Menurut Isran Noor, untuk mewujudkan daya saing dan integritas, sumber daya Kaltim, khususnya pengurus dan anggota IA KPMKT harus percaya diri, meningkatkan kapasitas diri, pengetahuan, wawasan, pengalaman membangun, serta taktis dan bergerak cepat.

"Peran itu harus kita terapkan dan kembangkan agar IA KPMKT memiliki andil besar dalam membangun Kaltim, bangsa dan negara," kata Isran Noor.

Isran mengatakan saat ini sudah ada sejumlah alumni pelajar dan mahasiswa Kaltim yang sudah berperan dalam pembangunan IKN, namun secara organisasi peran tersebut akan terus dikembangkan.

"Kami berharap alumni pelajar dan mahasiswa ini jangan tinggal diam, secara organisasi harus terus bergerak dan melibatkan diri, jangan hanya menunggu. Oleh karenanya, perlu adanya peningkatan SDM yang berkualitas, terampil dan punya daya saing, karena IKN ini program besar untuk bangsa dan negara," ujarnya.

Baca Juga: Pelaku Tambang Batu Bara Ilegal di Samarinda Dibekuk Polisi

2. Pentingnya percepatan peningkatan SDM lokal

Gubernur Kaltim Mengajak Masyarakat Tingkatkan SDM untuk Sambut IKNIlustrasi mahasiswa (ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki)

Sementara itu, penasihat IA- KPMKT Ahmad Husry mengingatkan pentingnya percepatan peningkatan SDM lokal yang berkualitas untuk menatap Kaltim sebagai Ibu Kota Nusantara.

"Jangan sampai masyarakat lokal kita hanya menjadi penonton tanpa punya andil dan peran di IKN. Kita berharap dengan terpilihnya gubernur sebagai pimpinan alumni bisa membuat konsep perubahan yang cepat, khususnya dalam peningkatan SDM lokal Kaltim yang lebih berkualitas," katanya.

Dengan terwujudnya SDM berkualitas di Kaltim, kata Ahmad Husry, akan terjadi pergeseran budaya yang lebih arif dan bijak, yakni masyarakat yang dulunya hanya mengandalkan kekuatan fisik akan beralih pada peradaban modern dengan mengandalkan kekuatan pikiran atau kecerdasan.

3. Sembilan pengurus cabang dari sebelas pengurus cabang IA KPMKT

Gubernur Kaltim Mengajak Masyarakat Tingkatkan SDM untuk Sambut IKNGubernur Kalimantan Timur Isran Noor saat di Balikpapan, Selasa (4/5/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Ketua Umum IA KPMKT periode 2019-2023, Prof Abdul Rahim menyebut Mubes IV IA KPMKT diikuti sembilan pengurus cabang dari sebelas pengurus cabang IA KPMKT di seluruh Indonesia.

"Kita terus berupaya membangun komunikasi dengan teman-teman, para alumni, hingga terbentuk cabang-cabang, tidak saja di kabupaten dan kota, tetapi provinsi lain di Indonesia, seperti yang ada saat ini," ujarnya.

Pengurus cabang yang hadir dan mengikuti Mubes serta menyampaikan dukungan terdiri atas Pengurus Cabang Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Koordinator Wilayah Selatan (Penajam Paser Utara. Paser dan Balikpapan), Koordinator Wilayah Barat (Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Mahakam Ulu).

"Yang tidak hadir Pengurus Cabang Sulawesi Selatan dan Koordinator Wilayah Timur (Kutai Timur, Bontang dan Berau)," ucapnya.

Baca Juga: Sepertiga Jemaah Haji di Balikpapan Tergolong Warga Lansia 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya