Hardiknas, Momentum untuk Meningkatkan Kualitas SDM Kaltim

Peringatan hari pendidikan nasional 

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengatakan, peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2022, harus dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Peringatan Hardiknas 2022, merupakan momentum untuk membulatkan dan mewujudkan tekad bersama guna menyongsong masa depan pendidikan yang berkualitas dan unggul dalam berbagai bidang di Benua Etam," kata Isran Noor dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Senin (2/5/2022).

1. SDM sudah masuk misi Kaltim berdaulat

Dikatakan, peningkatan SDM sudah masuk pada misi Kaltim Berdaulat yang pertama yaitu berdaulat dalam pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas. Karena itu, peningkatan SDM merupakan program prioritas pembangunan di Kaltim, dalam mendukung terwujudnya percepatan dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kaltim.

Mantan Bupati Kutim itu mengatakan, kualitas pendidikan dan SDM Kaltim harus terus ditingkatkan agar mampu bersaing dengan SDM dari daerah lain, termasuk mempersiapkan SDM yang andal di berbagai bidang, dalam menyongsong pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim. 

"Di era globalisasi dan digitalisasi, semua harus mempersiapkan diri. Provinsi Kaltim terus mempersiapkan SDM yang unggul dan berkualitas melalui program BKT (Beasiswa Kaltim Tuntas)," tandasnya.

Baca Juga: TNI AL Tangkap Kapal Pengangkut 4.100 CPO di Perairan Kaltim

2. SDM unggul untuk melanjutkan program pemerintah daerah

Hardiknas, Momentum untuk Meningkatkan Kualitas SDM KaltimGubernur Kaltim, Isran Noor. Potret ini diambil di kantor BPK RI Perwakilan Kaltim tatkala pandemik COVID-19 belum melanda Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio

Menurut Isran Noor, SDM yang unggul dapat dijadikan tonggak sejarah untuk melanjutkan program-program pemerintah daerah maupun program pemerintah pusat, persiapan SDM unggul tidak saja produktif berkinerja, tetapi menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pondasi utama penggerak kemajuan daerah.

"SDM menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menghasilkan berbagai inovasi yang berdaya saing tinggi mampu secara signifikan berkontribusi meningkatkan pembangunan maupun perekonomian daerah dan bangsa Indonesia," ujarnya.

3. Para guru dan pengajar agar meningkatkan kompetensi

Hardiknas, Momentum untuk Meningkatkan Kualitas SDM KaltimIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain peningkatan SDM, mantan Ketua Apkasi itu mengharapkan para guru maupun pendidik, juga harus meningkat kualitas dan kompetensinya, sehingga meluluskan siswa siswi yang andal dalam berbagai bidang, jangan sampai siswanya lebih pandai dari gurunya.
.
"Tak dapat dipungkiri di era modern, seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi tertentu. Tujuannya agar tenaga pendidik mampu menghadapi tantangan dan kemajuan zaman. Penguasaan kompetensi guru di era digital bukan hanya akan membantu mengoptimalkan proses belajar mengajar saja, melainkan juga mengimbangi siswa dengan beragam karakteristik, manfaatkanlah program BKT untuk peningkatan kualitas dan kompetensinya, termasuk mahasiswa dari pergurun tinggi," papar Isran Noor.

Baca Juga: Gubernur Isran Noor: Masyarakat Kaltim Terima Kasih

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya