Ini Testimoni para Gubernur untuk Pembangunan IKN Nusantara

Kompak mendukung pembangunan IKN Nusantara

Samarinda, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menuntaskan agenda Kendi Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/3/2022). Suatu prosesi pencampuran air dan tanah dari 34 provinsi se Indonesia dalam wadah yang dinamakan dengan Kendi Nusantara. 

Sebagai wujud dukungan pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Berikut ini rangkuman sejumlah testimoni para gubernur yang berhasil ditemui usai agenda Kendi Nusantara di lokasi titik nol IKN Nusantara. 

1. Sultan Yogyakarta menyatakan tidak ada kata mundur untuk IKN Nusantara

Ini Testimoni para Gubernur untuk Pembangunan IKN NusantaraGubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menyerahkan air dan tanah di lokasi IKN Nusantara. Foto Youtube Biro Pers Kepresidenan

Gubernur Yogyakarta sekaligus Sultan Hamengku Buwono X menyatakan, pembangunan IKN Nusantara untuk kepentingan besar bangsa Indonesia.

"Proses ini secara simbolik memberi ruang budaya. Pada aspek simbolik itu dari awal ada kebhinekaan, persatuan dan kesatuan bangsa yang telah lama menjadi perekat utama dalam proses menuju masa depan Indonesia," katanya di Balikpapan dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Senin (14/3/2022).

Sri Sultan berharap pemahaman simbolik ini bisa memberikan fakta yang baik.

"Tidak ada kata mundur, biarpun proses pembangunan itu memerlukan waktu yang cukup lama. Bukan berarti 2024 itu sudah selesai," ucap Sri Sultan.

Apalagi, penyerahan tanah dan air dari 34 provinsi itu bukan sekadar formalitas. Tapi menjadi simbol kekuatan untuk bersatu membangun masa depan Indonesia yang lebih adil dan sejahtera.

"Semoga apa yang diharapkan Presiden Joko Widodo dan para gubernur bisa memberikan nilai agar program ini berjalan lancar dengan kebersamaan dan persatuan kita," pungkasnya. 

Baca Juga: PLN Garansi Pasokan Listrik Aman selama Berkemah di IKN Nusantara

2. Jawa Barat bersatu bersama IKN Nusantara

Ini Testimoni para Gubernur untuk Pembangunan IKN NusantaraGubernur Jawa Barat Ridwal Kamil menyerahkan air dan tanah di lokasi IKN Nusantara. Foto Youtube Biro Pers Kepresidenan

Dukungan tegas untuk IKN juga disampaikan Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil, setibanya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Ahad (13/3/2022).

"Undangan presiden sangat kami hormati. Kami membawa tanah dan air dari 27 kabupaten dan kota yang kami kumpulkan di Bandung," ucap Kang Emil dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

"Ini menyimbolkan, tanah dan air dari Jawa Barat akan bersatu dalam tanah Ibu Kota Nusantara," sambung Kang Emil.

Kedatangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersamaan dengan Anggota DPR RI Dapil Kaltim Hetifah Sjaifudian. Sebagai wakil rakyat Kaltim di Senayan, ia juga menegaskan kehadiran para gubernur se Indonesia menunjukkan dukungan penuh untuk IKN.

"Ini bukti dukungan kita semua. Nanti terus dibantu ya Kang Emil, biar IKN-nya cepat," harap Hetifah. Ridwan Kamil pun segera menimpali.

3. Jambi menyatakan ruang diskusi untuk IKN Nusantara sudah ditutup

Gubernur Jambi Al Haris menjadi kepala daerah dan tamu undangan yang tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Ahad 13 Maret 2022.

Gubernur Al Haris menegaskan tidak ada diskusi (perdebatan) lagi tentang IKN. Sudah mantap di Kaltim, sudah tepat dan pantas menjadi IKN.

"Bagi saya kesan dari bandara indah luar biasa pemandangannya mulai dari pantainya, bangunannya, kampung nelayanannya bersih dari awal saya melihat kagum dan kondusifitas juga. Jadi sangat pantas Kaltim menjadi IKN," jelasnya.

Gubernur Al Haris pun menjelaskan tentang asal muasal tanah dan air yang dibawa dari Kota Beradat Bumi Melayu untuk mengisi Kendi Nusantara.

"Tanah yang kita bawa adalah dari Raja Jambi. Sejarahnya ada dua angsa yang menunjuk tanah tersebut dan air dari Candi Muara Jambi, lokasi tempat belajar orang China di Jambi dengan luas lokasi 4.000 hektare bertempat di Asrama Budha di Jambi dengan nama Tanggo Rajo memiliki PH air 8," ungkapnya.

4. Sejarah baru bagi bangsa Indonesia

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat mengatakan pemindahan ibu kota negara adalah sejarah baru bagi Indonesia.

"Lewat inspirasi Presiden Soekarno, Presiden Joko Widodo ingin memindahkan ibu kota negara. Ini sejarah bagi bangsa Indonesia," kata Gubernur Viktor Laiskodat saat tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Ahad (13/3/2022).

Atas nama pemerintah dan warga Nusa Tenggara Timur, gubernur yang identik dengan kepala plontosnya itu menegaskan dukungan atas pemindahan ibu kota negara ke Kaltim.

"Kami datang dengan membawa tanah dan air sebagai lambang dan simbol untuk dipersatukan dengan tanah dan air dari seluruh pelosok nusantara," tegas Viktor Laiskodat.

Dia juga menerangkan, prosesi pengambilan tanah dan air sudah dilakukan dengan ritual keterwakilan adat Floba Morata (Flores, Sumba, Timor, dan Lembata).

"Sebagian tanah dan air kami bawa ke IKN. Sebagian lain kami simpan di museum kami. Karena ini sejarah," tutup Laiskodat.

5. Jawa Tengah menjadikan spirit dan pusat pertumbuhan ekonomi

Ini Testimoni para Gubernur untuk Pembangunan IKN NusantaraGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan air dan tanah dalam pembangunan IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto Biro Pers Kepresidenan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi kepala daerah dan tamu undangan selanjutnya yang tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Ahad 13 Maret 2022.

Kedatangan Gubernur Ganjar Pranowo, juga ke Kalimantan Timur guna memenuhi undangan Kementerian Sekretariat Negara/Sekretariat Presiden menghadiri kegiatan kunjungan kerja Presiden RI di Balikpapan dan Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. sejak 13 - 15 Maret 2022.

“Dengan adanya IKN, harapannya akan ada spirit baru, akan ada pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan ada suatu sistem pengelolaan negara yang jauh lebih baik,” jelasnya sembari memberi senyuman dan pergi meninggalkan bandara.

Ikut menyambut Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Siti Farisyah Yana dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Puguh Harjanto. 

Baca Juga: Suasana Malam di IKN Nusantara Bersama para Pimpinan Negara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya