Inovasi Si Beni Tambun yang Masuk Nominasi Penjaringan OPD Kaltim

Sertifikasi benih tanaman perkebunan

Samarinda, IDN Times - Inovasi SI BENI TAMBUN (Sertifikasi Benih Tanaman Perkebunan Secara Online) milik UPTD Pengawasan Benih Perkebunan masuk nominasi 10 besar Penjaringan Perangkat daerah Berinovasi Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Tahun 2021 yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalimantan Timur (Kaltim).

"Alhamdulillah, melalui inovasi SI BENI TAMBUN, Dinas Perkebunan masuk sebagai salah satu nominasinya,” kata Kepala UPTD Pengawasan Benih Perkebunan Kaltim Andi Siddik dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis (4/11/2021).

1. Balitbangda Kaltim melakukan penjaringan inovasi pada OPD

Andi Siddik mengatakan tim penilai Balitbangda Kaltim melakukan penjaringan terhadap inovasi yang dikembangkan oleh seluruh OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, dimana telah dipilih 10 OPD yang akan diusulkan sebagai nominasi Perangkat Daerah Berinovasi Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat.

Inovasi ini pun diakui Andi, telah dipresentasi pada pertemuan Forum Konsultasi Publik Dinas Perkebunan di Balikpapan, Jum'at (29/10/2021) lalu.

Andi Siddik menuturkan, OPD yang ditetapkan sebagai nominasi sepuluh besar telah mengikuti wawancara di Aula Balitbangda Kaltim pada Rabu, 3 Nopember, untuk penentuan posisi peringkat 10 besar terbaik.

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

2. Peringkat 10 besar nominasi

Inovasi Si Beni Tambun yang Masuk Nominasi Penjaringan OPD Kaltim(Perkebunan Teh Kampung Taraju, Kabupaten Tasikmalaya) ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Perangkat daerah yang masuk 10 besar nominasi yaitu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dengan (Simpel), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Pustaka Anak), Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Simpple).

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Si Kompak), Dinas Kesehatan (Silabkes), Dinas Perkebunan (Si Beni Tambun), Dinas Pariwisata (Puspita Kaltim), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Sistem Layanan Data Kerja Sama Penanaman Modal Berbasis Web dan Survey Kepuasan Bisnis Pelaku Usaha), RSUD Kanujodo Djatiwibowo (Banker Anak), dan RSUD Abdul Wahab Sjahranie (Inovasi Sehat Bersama AWS).

3. Informasi tentang Si Beni Tambun

Inovasi Si Beni Tambun yang Masuk Nominasi Penjaringan OPD KaltimPusat Bibit Durian

Si Beni Tambun sendiri merupakan inovasi yang diinisiasi dari aksi perubahan PIM III (PKA) milik Andi Siddik selaku Kepala UPTD Pengawasan Benih Perkebunan Tahun 2021. 

Inovasi ini untuk mempermudah layanan sertifikasi benih perkebunan kepada masyarakat. Masyarakat bisa langsung mengakses  lewat https://sibenitambun.kaltimprov.go.id 

Di dalamnya berisi informasi tentang penerimaan retribusi non pajak melalui pelayanan sertifikasi benih perkebunan dalam implementasi keterbukaan informasi publik sektor perkebunan. Sekaligus survei kepuasan masyarakat sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Baca Juga: Kebijakan Lingkungan Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya