Jenazah Korban Kebakaran Ruko di Balikpapan Diterbangkan ke Jawa Barat

Polisi sudah selesai mengidentifikasi jenazah

Balikpapan, IDN Times - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil mengidentifikasi korban kebakaran empat rumah toko di Jalan Soekarno Hatta Km 2 Kelurahan Muara Rapak Balikpapan, Selasa (8/3/2022). Bencana kebakaran yang membawa empat korban jiwa yang tewas terpanggang. 

 

"Saat kami terima dari TKP sudah dalam kondisi terbakar hangus dengan tingkatan yang sangat dalam, sehingga hanya bisa dikenali hanya gigi, selebihnya tidak bisa dikenali. Selain itu dari jenis kelamin, berdasarkan keterangan dari pemilik toko memang isinya laki-laki semua," kata Kabid Dokes Polda Kaltim Komisaris Besar Pol dr Djarot Wibowo dalam pers conference di RS Bhayangkara, Rabu (9/3/2022). 

Ketiga jenazah sudah diterbangkan lewat Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan ke kampung halaman di Jawa Barat. Agar bisa dilakukan pemakaman secara layak oleh pihak keluarganya.

1. Kondisi para korban

Jenazah Korban Kebakaran Ruko di Balikpapan Diterbangkan ke Jawa BaratPemberangkatan jenazah korban kebakaran rumah toko di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (9/3/2022). Foto istimewa

Djarot mengatakan, dari keempat jenazah itu saat dikirimkan dari TKP ke instalasi forensik dalam kondisi terbakar hangus dengan tingkatan yang sangat dalam sehingga hanya bisa dikenali dari beberapa bagian saja.

Jenazah yang berhasil diidentivikasi terlebih dulu yakni M Noor (45). Posisi korban yang stroke dan menggunakan kursi roda dapat dikenali dengan cepat. Sementara tiga jenazah lainnya dikenali dengan ciri-ciri yang diberikan oleh pihak keluarga.

Berdasarkan hasil rekonsiliasi pemeriksaan dari tim DVI Polda Kaltim, tiga jenazah teridentifikasi yang pertama bernama Indra Sofiyan atau IS (24) laki-laki alamat Blok Rebo, Kelurahan Cikijing Kecamatan Cikijing Jawa Barat.

Baca Juga: Polisi Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina di Balikpapan

2. Identifikasi jenazah para korban

Jenazah Korban Kebakaran Ruko di Balikpapan Diterbangkan ke Jawa BaratJumpa pers kebakaran rumah toko di Balikpapan Kalimantan Timur. Foto istimewa

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Yusuf Sutejo menambahkan, berdasarkan hasil keterangan dari antemortemnya bahwa tahun 2019 giginya masih patah dan 2021 sudah bagus dan rapi. 

Hasil pemeriksaan pada kondisi jenazah ditemukan bekas tambalan pada gigi atas depan, jadi teridentifikasi di mana keterangan korban dengan inisial IS.

Kemudian untuk kondisi jenazah yang kedua, dari pihak keluarga mengatakan bahwasanya korban pernah melakukan pasang gigi palsu dan bisa dibongkar pasang.  Saat dilakukan pemeriksaan postmortem ditemukan lepasan gigi palsu dari bagian depan atas.

Maka, berdasarkan hasil identifikasi dental recordnya jenazah kedua diketahui bernama Adi Nurdiansyah atau AN (25) laki laki. Alamat Dusun Puhun Kelurahan Ancaran Kecamatan Kuningan Jawa Barat.

3. Metode identifikasi dipergunakan polisi

Jenazah Korban Kebakaran Ruko di Balikpapan Diterbangkan ke Jawa BaratProses pencarian korban keempat kebakaran rumah toko di Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (8/3/2022). Foto istimewa

Untuk jenazah ketiga tidak ada data spesifikasi yang khas berdasarkan pemeriksaan timortem, postmortemnya ditemukan gigi patah bagian atas depan. Polisi melakukan identifikasi berdasarkan metode eliminasi sesuai aturan yang ada pada DVI.

Karena memang berdasarkan keterangan saksi sekitar bahwa yang tinggal di rumah itu hanya tiga. Dua sudah diketahui dan tinggal satu, akhirnya kami memastikan berdasarkan bahwasanya jenazah itu berinisial LH (Lukman Harun) usia 24 tahun. 

Alamat Dusun Tiga Kecamatan Lema Abang Jawa Barat. 

KapolresBalikpapanKombes Pol V ThirdyHardmiarso menambahkan, bahwa para identitas korban adalah para pegawai warung cepat saji di ruko tersebut. 

"Yang satu dengan inisial MN (M Noor) kemarin sudah diambil oleh keluarga. Dia dapat diidentifikasi karena memang menggunakan kursi roda," tandasnya.

Baca Juga: Tragis, Kebakaran Ruko di Balikpapan Ditemukan Tiga Korban Terpanggang

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya