Polisi Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina di Balikpapan

Polisi sudah olah tempat kejadian perkara

Balikpapan, IDN Times - Polisi ikut turun tangan dalam menginvestigasi penyebab kebakaran kilang minyak PertaminaBalikpapan belum lama ini. Proses investigasi berbarengan upaya penyelidikan internal dilakukan Kilang Pertamina Internasional RU V Balikpapan.

“Kita dari kepolisian masih lakukan investigasi,” kata Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Pol V Thirdy Hadmiarso pasca kebakaran kilang Pertamina, Jumat (4/3/2022). 

1. Proses investigasi kepolisian

Polisi Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina di BalikpapanKapolresta Balikpapan Komisaris Besar Pol V Thirdy Hadmiarso. Foto istimewa

Hadmiarso mengatakan pihaknya sampai saat ini masih melakukan investigasi untuk mencari penyebab insiden yang menghebohkan masyarakat tersebut.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) usai dipastikan kondisi lokasi kejadian sudah padam dan aman.

“Kemudian akan kita lakukan oleh TKP. Nanti dari baru diketahui apa yang jadi permasalahan di sana,” singkatnya.

Baca Juga: Ini Kapasitas Produksi Gasoil dan Gasoline Kilang di Balikpapan 

2. Proses penyelidikan masih berlangsung

Polisi Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina di BalikpapanKebakaran kilang minyak Pertamina Balikpapan Kaltim. Foto istimewa

Hadmiarso mengatakan, proses penyelidikan kepolisian masih berlangsung. Ia meminta masyarakat memberi kesempatan pada kepolisian guna melaksanakan tugasnya. 

Sehububungan kasus ini, ia enggan berkomentar banyak sehubungan penanganan kasus ini. Proses penyidikan dilakukan Polresta Balikpapan yang didukung personel Polda Kalimantan Timur. 

“Belum ada (saksi) yang diperiksa nanti itu,” pungkasnya.

3. Kebakaran kilang minyak Balikpapan

Polisi Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina di BalikpapanKebakaran kilang minyak Pertamina Balikpapan Kaltim. Foto istimewa

Untuk diketahui, kebakaran di area kilang minyak Balikpapan terjadi sekitar pukul 10.32 Wita, lokasinya di salah satu pabrik yang disebut Plant 3B, tepatnya di salah satu pabrik pengelolaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar.

Kondisi pada pukul 11.00 Wita api sudah dapat dikendalikan dengan mengerahkan 4 mobil pemadam kebakaran, dan pemadam statis yang langsung bekerja saat terjadi kebakaran.

Saat kejadian pabrik yang mengalami kebakaran tersebut sedang beroperasi normal melakukan pengelolaan minyak seperti biasa. 

Baca Juga: Kilang Pengolahan BBM Pertamina Balikpapan yang Terbakar 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya