Kaltara Masuk 10 Besar dalam Pencapaian Vaksinasi COVID-19

Program yang menjadi prioritas daerah

Balikpapan, IDN Times - Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara) terus mendorong pelaksanaan vaksinasi di masa pandemik COVID-19. Pelaksanaan program yang menjadi prioritas seluruh pemerintah daerah di Indonesia. 

“Saat ini Kaltara masuk dalam 10 besar yakni pada peringkat ketujuh dalam capaian vaksinasi dari 34 provinsi, yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” kata Gubernur Zainal Arifin Paliwang dalam pers rilis, Senin (3/1/2022).

1. Pelaksanaan vaksinasi di Kaltara

Kaltara Masuk 10 Besar dalam Pencapaian Vaksinasi COVID-19Aktivitas Gubernur Kaltara selama pandemik COVID-19 berlangsung. Foto istimewa

Untuk menekan penyebaran virus COVID-19, pemerintah pusat hingga daerah terus mengebut capaian program vaksinasi, selain menerapkan protokol kesehatan (prokes) melalui gerakan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

Zainal mengatakan, pemerintah pusat mendorong agar program vaksinasi COVID-19 berjalan lancar di seluruh wilayah Indonesia. Demikian pun dilakukan Pemprov Kaltara berupaya keras menyukseskan pelaksanaan vaksinasi ini. 

Untuk diketahui, dalam program vaksinasi, pemerintah pusat telah menargetkan setiap provinsi di Indonesia untuk dapat mencapai 70 persen.  Kaltara sendiri telah menembus angka 81 persen realisasi vaksinasi bagi warganya. 

“Kaltara ini boleh saja provinsi paling bungsu, tapi masalah prestasi atau capaian, Kaltara tidak mau menjadi yang terakhir," tegasnya. 

Baca Juga: Buaya Muara di Kaltara Kembali Memakan Korban Jiwa 

2. Meminta dukungan dari warga Kaltara

Kaltara Masuk 10 Besar dalam Pencapaian Vaksinasi COVID-19Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. Foto istimewa

Zainal meminta masyarakat Kaltara untuk selalu kompak, harmonis dan komitmen mendukung pembangunan yang dilakukan Pemprov Kaltara khususnya dalam hal percepatan pengendalian COVID-19.

“Meski sudah divaksin, mari kita tetap sama-sama disiplin menerapkan prokes agar dapat menekan penyebaran COVID-19, sehingga kita semua dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala," pintanya. 

Zainal pun mengajak masyarakat Kaltara yang belum mengikuti program vaksinasi baik dosis pertama dan ke-dua. Untuk dapat segera memperoleh suntikan vaksin guna memutus mata rantai penyebaran virus. 

“Yang belum divaksin segera melakukan vaksinasi, karena divaksin itu dapat meningkatkan imun tubuh juga melindungi kita," imbaunya. 

3. Realisasi vaksinasi di Kaltara

Kaltara Masuk 10 Besar dalam Pencapaian Vaksinasi COVID-19ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Sementara itu, berdasarkan data yang dimiliki Kementrian Kesehatan (Kemenkes), tercatat per 2 Januari 2022 capaian vaksinasi di provinsi paling bungsu ini sebesar 81,06 persen untuk dosis pertama, dari target yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Dari persentase tersebut, daerah di Kaltara yang paling tinggi tingkat capaian vaksinasinya berada di Kota Tarakan sebesar 89,55 persen, disusul Kabupaten Bulungan 82,87 persen, kemudian Tana Tidung 75,32 persen, Malinau 74,25 persen, dan Nunukan 73,03 persen.

Baca Juga: Gubernur Kaltara Meminta Warga Waspada dengan Varian Omicron

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya