Kaltara Siap Mendukung Kota Nusantara sebagai Provinsi Penyangga IKN

Kepentingan masyarakat seluruh Kalimantan

Balikpapan, IDN Times - DPR RI sudah mengesahkan Undang-Undang Ibu Kota Negara Nusantara berlokasi di Penajam Paser Utara (PPU) - Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur (Kaltim). 

Penunjukkan Kaltim sebagai lokasi IKN diharapkan mendorong pembangunan Indonesia khususnya untuk timur. 

Untuk itu, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi salah satu yang terdepan mendukung kebijakan pemerintah itu. 

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara tentu sangat mendukung, dengan disahkannya UU IKN Nusantara di Kaltim," kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, Jumat (28/1/2022). 

1. Alasan utama Kaltara mendukung Kaltim

Kaltara Siap Mendukung Kota Nusantara sebagai Provinsi Penyangga IKNGubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. Foto istimewa

Zainal mengatakan, mereka punya alasan tersendiri kenapa mendukung Kaltim sebagai lokasi IKN. Sebagai provinsi tetangga, Kaltara berharap akan memperoleh manfaat positif dari keberadaan Kota Nusantara. 

Otomatis ke depannya, Kaltara akan menjadi provinsi penyanggah IKN.

Lanjut orang nomor satu di Kaltata itu, selain menjadi provinsi penyangga pemindahan IKN ke Kaltim, tentunya dapat membawa dampak positif bagi provinsi termuda di Indonesia ini, yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

"Yang jelas Pemprov Kaltara sangat mendukung (pemindahan ibu kota), karena Kaltara bisa jadi provinsi penyanggah sudah pasti membawa dampak positif bagi masyarakat Kaltara," sebutnya. 

Baca Juga: Buaya Muara di Kaltara Kembali Memakan Korban Jiwa 

2. Perkembangan perekonomian warga Kaltara

Kaltara Siap Mendukung Kota Nusantara sebagai Provinsi Penyangga IKNProses awal pembangunan titik awal Ibu Kota Negara Nusantara di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, Kamis (27/1/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dengan IKN Nusantara berada di Kaltim,  Zainal mengatakan, akan membawa banyak hal positif. Di antaranya, Kaltara bisa menyuplai kebutuhan bahan makanan dan menjadi lumbung pangan bagi masyarakat IKN Nusantara. 

"Bidang pertanian di Kaltara sangat cocok jadi lumbung pangan, nantinya Kaltara bisa memasok kebutuhan pangan seperti sayur mayur, beras dan lainnya untuk kebutuhan di IKN," jelasnya. 

Di sisi lain, pembangunan IKN Nusantara akan mampu menyerap ribuan tenaga kerja, bukan hanya dari warga Kaltim tetapi juga Kaltara. 

"Selain menyiapkan kebutuhan pangan, kedepan IKN Nusantara juga bisa menyerap tenaga kerja bagi masyarakat Kaltara untuk proses percepatan pembangunan di IKN," tambahnya.

3. Perkembangan industri Kaltara akan meningkat

Kaltara Siap Mendukung Kota Nusantara sebagai Provinsi Penyangga IKNProses awal pembangunan titik awal Ibu Kota Negara Nusantara di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, Kamis (27/1/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Zainal pun menyebutkan pertumbuhan industri energi di Kaltara mendukung ketersediaan listrik bagi warga Kaltim. Sebagai informasi, Kaltara memang sudah diproyeksikan sebagai produsen energi terbarukan dengan adanya PLTA di situ. 

"Insya Allah Kaltara bisa menyuplai tenaga kelistrikan di IKN, mengingat saat ini Kaltara tengah mengebut pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Mentarang dan Kayan, jadi listrik dari Kaltara pasti bisa mensuport IKN," tegasnya. 

Di samping itu, Zainal memastikan, agar proses pembangunan IKN Nusantara berjalan dengan lancar, masyarakat Kaltara akan selalu siap mendukung pemindahan ibu kota.

"Masyarakat Kaltara tentu sangat siap mendukung IKN Nusantara di Kaltim, harapannya proses pembangunan IKN dapat berjalan dengan aman dan lancar," pungkasnya.

Baca Juga: Kaltara Masuk 10 Besar dalam Pencapaian Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya